0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Polda Sumut melaksanakan upacara pemberangkatan 300 orang anggota Brimob Polda Sumut untuk menjadi pasukan di Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Metro Jaya dalam rangka Rencana Kontijensi Aman Nusa I 2017 pada Rabu (8/02/2017) bertempat di lapangan Kompi 2A Brimob Tanjung Morawa.

Upacara Pemberangkatan tersebut dipimpin dan sekaligus menjadi Inspektur Upacara Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Dr. H Rycko Amelza Dahniel M.Si., serta turut dihadiri pula oleh Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs. Wahab Saroni, SH dan para pejabat utama Polda Sumut.

Pada upacara tersebut Kapolda Sumatera Utara menyampaikan rasa bangganya kepada personil Brimob yang pada penugasan  sebelumnya telah mampu menunjukkan profesionalisme dan perilaku yang baik sehingga pada pergeseran pasukan BKO kali ini, anggota Brimob Polda Sumut termasuk salah satu BKO Brimob yang jumlahnya paling besar. Apresiasi juga disampaikan kepada Kasat Brimob Polda Sumut Kombes Polisi Zulfikar Tarius S.Sos, M.Si atas upayanya yang mampu membentuk perilaku anggota Brimob menjadi lebih baik.

Direncanakan pasukan BKO Brimob Polda Sumut akan membantu Polda Metro Jaya dalam melaksanakan pengamanan Pilkada DKI Jakarta 2017 tanggal 15 Februari 2017.

“Anak anakku sekalian diberangkatkan dalam rangka BKO di Polda Metrojaya untuk mengamankan ibu kota dalam rangkaian kegiatan Pilkada di Ibu Kota, untuk mengamankan  jika terjadi situasi kontijensi. Kalian akan bergabung dengan personil Brimob yang lain untuk  mengamankan kegiatan masyarakat,  mereka adalah saudara kita. Oleh sebab itu perlakukan dan layani mereka dengan baik seperti saudara kita.” pesan Kapoldasu dalam arahanya kepada personil BKO.

“Jaga kekompakan, kebersamaan dan kerapian dan hindari perilaku yang tidak baik yang dapat merusak nama baik Brimob Polda Sumut. Tetap laksanakan ibadah secara berjamaah, jaga kesehatan dengan melaksanakan olah raga secara teratur.” lanjut Kapoldasu.

Kapoldasu menambahkan Brimob Polda Sumut kembali dipercayakan oleh pimpinan untuk bertugas kembali ke Polda Metro Jaya dalam rangka membantu mengamankan pilkada di DKI Jakarta pada tanggal 15 Februari 2017. Keberangkatan pasukan tersebut untuk membackup Polda Metro jaya dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada DKI Jakarta 2017. Dimana kegiatan tersebut mengandung potensi kerawanan berupa konflik sosial yang harus segera diantisipasi, sesuai dengan rencana kontinjensi Aman Nusa 2017. Kegiatan tersebut juga bertujuan dalam rangka mengantisipasi konflik sosial dan menjaga situasi keamanan yang kondusif saat masa tenang dan saat hari H pelaksanaan pilkada DKI Jakarta 15 Februari 2017 nanti.

Terahir kali Kapolda mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kepada 300 anggota Brimob yang akan berangkat dan dapat kembali dengan sehat walafiat dan jumlah personil lengkap usai pelaksanaan tugas dari BKO Polda Metro Jaya.

“Laksanakan BKO dengan tulus ikhlas, tampilkan perilaku sopan santun serta humanis sehingga polisi dapat menjadi wasit yang adil, bukan menjadi alat kekuasaan atau kelompok dan bukan untuk mencari keuntungan, no politic, no clique, no profit. Jaga netralitas dalam pengamanan Pilkada, laksanakan tugas pengamanan sesuai SOP yang berlaku” tutup Kapolda Sumut dalam arahannya yang kemudian meneriakkan yel yel Brimob disambut oleh pasukan.

Selesai upacara, dilanjutkan Kapolda Sumut melakukan pengecekan terhadap kelengkapan perorangan anggota Brimob yang akan berangkat. Acara keseluruhan berlangsung dengan aman dan terkendali, selanjutnya Kapolda Sumut  melanjutkan kunjungan menuju Radio Lite Fm di Medan untuk melakukan silaturahmi.[rs/gbs/mdn]

Post a Comment

Top