0
ASAHAN | GLOBAL SUMUT-Babinsa Koramil 14/Bandar Pasir Mandoge jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu D.Sirait pembersihan rumput jagung milik Bapak M.Manurung kelompok tani Sukamaju ketua kelempok Chairudin Siagian luas lahan 2 ha di dusun IV Desa Sukamakmur PPL D.Purba jenis tanaman Bisi 18 umur 45 hari dalam rangka perawatan jagung. Senin(6/2/17).

Pada saat kegiatan pembersihan Babinsa Sertu D.Sirait menyampaikan menurutnya kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap kali sawah tumbuh rumput liar di karenakan sangat membantu petani dan diharapkan dengan penyiangan ini dapat membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari sehingga mampu menghasilkan secara optimal hasil panen nantinya.

Penyiangan merupakan suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman Jagung dan sekaligus menggemburkan tanah. Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi.

Bagi petani dengan adanya Babinsa yang sering melaksanakan pendampingan walau hanya secara orang perorangan namun dampaknya akan lebih baik bagi petani. Pasalnya bisa lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian khususnya jagung karena daerah Desa Sukamakmur memang banyak petani jagung dari pada petani padi.[rs/red/gbs]

Posting Komentar

Top