0
KOREA | GLOBAL SUMUT-Pemerintah Provinsi Jeju, Korea berkeinginan keinginan kuat menjalin kerjasama dengan Provinsi Sumatera Utara dalam bidang energi terbarukan yang ramah lingkungan antar pulau di kedua provinsi.

Keinginan itu diutarakan Gubernur Provinsi Jeju, Won Hee Ryong dalam diskusi dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang didampingi Ketua Komite 2 DPD RI Parlindungan Purba dan Kadis Lingkungan Hidup Hidayati di Jeju, Korea, Minggu (19/3/2017).

Woh Hee Ryong menyebutkan, Provinsi Jeju adalah yang terbaik di dunia dalam mewujudkan pulau yang bebas carbon o2, diwujudkan dalam penataan energi transportasi dan kelistrikan yang ramah lingkungan.

Ada kesamaan, yaitu Sumatera Utara (Sumut) memiliki beberapa pulau seperti pulau di Danau Toba dan Kepulauan Nias. Di Jeju, kendaraan bermotor khusus sedan sudah mencapai 50 persen dari total mobil elektrik se-Korea. Apalagi Jeju sekarang sudah terdaftar dalam goepark Unesco. Provinsi Jeju yang terletak di selatan semenanjung Korea memiliki otonomi khusus.

Dan Sumut akan berperan aktif mewujudkan kebijakan energi ramah lingkungan di kedua pulau, yaitu Nias dan Samosir untuk menarik wisatawan sambil melestarikan lingkungan hidup.

Tengku Erry Nuradi dan Won Hee Ryong sepakat berbagai riset dan kerjasama antar kedua provinsi akan segera ditindaklanjuti.

Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam kesempatan itu menyatakan kesiapan kerjasama antar pulau dengan Jeju Island. “Seperti rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung diperairan Danau Toba yang ramah lingkungan, dimana danau ini telah ditetapkan sebagai wisata dunia dan juga geopark Unesco,” sebut Erry.

Erry juga berharap, Korea tidak hanya akan membangun pembangkit listrik ramah lingkungan, namun juga ikut berperan membangun bidang pariwisata, pendidikan untuk mencetak SDM yang berkualitas dan bidang-bidang lainnya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih bahwa pemerintah Korea ikut membantu Sumut melalui organisasi lingkungan hidup dunia,” ucap Erry.

Sementara, Ketua Komite 2 DPD RI Parlindungan Purba menyampaikan rasa salut kepada Gubsu Erry Nuradi yang terus berupaya membangun Sumut dan mencari terobosan dan teknologi serta jaringan kerja internasional, dimana walau di hari libur masih bekerja dan bertemu dengan mitranya di Korea.

Gubsu Tengku Erry Nuradi, Senin (20/3/2017), tampil sebagai pembicara dalam pertemuan internasional tentang lingkungan hidup di Korea. Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa Sumatera Utara akan bergabung dalam organisasi internasional yang mengelola kepulauan ramah lingkungan, dimana organisasi ini dipimpin Korea.[rs]

Posting Komentar

Top