0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi turut memanjatkan doa bersama siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan di halaman sekolah tersebut Jalan William Iskandar Medan, Sabtu (8/4/2017).

500-an siswa, guru dan kepala sekolah serta orangtua siswa larut dalam doa yang digelar agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/MA mulai Senin (10/04/2017), berjalan lancar.

Hadir disitu Kepala Kanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin, Kadis Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, Asisten Ekbang Ibnu Sri Hutomo, Kepala Sekolah MAN 1 Medan Ali Masran Daulay, Ketua Komite MAN 1 Medan HM Yusuf Harahap, para guru, orangtua siswa dan ratusan siswa.

Usai zikir dan doa, Gubsu Erry menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al Iman di MAN 1 Medan. Bantuan ini diberikan Gubsu dengan perantara Kepala MAN 1 Medan Ali Masran Daulay setelah berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan Gubsu Erry saat sesi kuis yang pesertanya para guru dan siswa.

Ali Masran Daulay dapat menjawab lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovatif, Tanggung Jawab dan Keteladanan. “Karena jawabannya benar maka hadiahnya bukan uang tapi keramik untuk masjid senilai Rp30 juta rupiah,” ujar Erry disambut tepuk tangan meriah para siswa dan guru.

Dalam sesi kuis, Gubsu juga memberikan hadiah kepada dua siswa dan seorang guru yang juga berhasil menjawab pertanyaan masing-masing Rp500 ribu. Kedua siswa berhasil menjelaskan delapan etnis lokal dan 15 Kabupaten Kota di Sumut. Sedang guru berhasil menjelaskan empat kompetensi yang harus dimiliki guru.

Sebelumnya, Gubsu juga menyerahkan hadiah yang sama kepada dua Hafiz Quran Rizky Madani dan Rizky Maulana tanpa harus menjawab pertanyaan darinya. “Kalau yang Hafiz Quran sampai 30 Juz tidak perlu menjawab kuis di kasih hadiah,” ujar Gubsu sembari mengajak kedua hafiz berfoto bersamanya.

Dalam sambutannya, Gubsu Erry mengaku bangga bahwa jumlah sekolah SMA sederajat tahun ini yang melakukan UNBK mencapai 1.523 sekolah. Ini jauh meningkat dari tahun lalu yang hanya sebanyak 99 sekolah.

“Karena saat ini kewenangannya ada di provinsi sesuai UU 23 Tahun 2014 maka itu harus ada yang berubah jadi lebih baik. Kalau tidak kita akan menjadi orang yang merugi. Salah satunya jumlah sekolah yang UNBK meningkat 1.500 persen dari pada tahun lalu. Dan kita senang MAN 1 salah satunya yang UNBK,” sebut Erry.

Sementara, Kakanwil Kemenagsu Tohar Bayoangin mengaku bangga atas kehadiran Gubsu dalam acara doa bersama di MAN 1 Medan. Menurut Tohar, bahwa perhatian yang ditunjukan oleh Gubsu khususnya terhadap Kemenag dan Madrasah patut mendapat acungan jempol.

“Kami keluarga besar Kemenag memberikan apresiasi kepada pak Gubsu. Luar biasa perhatiannya kepada kita. Mudah-mudahan seluruh siswa yang ikut UNBK lulus semua,” ujar Tohar.

Senada dengan Tohar, Ketua Komite MAN 1 Medan HM Yusuf Harahap mewakili orangtua siswa sangat terimakasih atas kehadiran Gubsu dan Kakanwil Kemenag. Kehadiran ini setidaknya dapat mendorong semangat para siswa saat ujian nanti. “Mudah-mudahan dengan doa dan zikir bersama ini kami semakin tenang dan yakin anak-anak kami nantinya sukses di UNBK nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala MAN 1 Medan Ali Masran Daulay menyampaikan bahwa pihaknya cukup siap dalam pelaksanaan UNBK. Meski baru kali pertama dirinya optimis 553 siswi/i MAN 1 Medan dapat mengikuti UNBK secara baik.[rs/red]

Post a Comment

Top