MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pada hari Kamis tanggal 27 April 2017 pukul 13.30 WIB bertempat di Aula Tri Brata Polda Sumut dilaksanakan Gelar Operasional TW I 2017 Polda Sumut yang dibuka oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan dihadiri Wakapolda Sumut, Para Pejabat Utama, Para Kapolres/tabes sejajaran Polda Sumut. Gelar operasional tersebut dilaksanakan selama 3 hari (Kamis s/d Sabtu) tanggal 27 s/d 29 April 2017 dengan tema “Melalui Gelar Operasional Polda Sumut, Kita Tingkatkan Kinerja, Merubah Kultur Pengelolaan Media (Commander Wish Kapolda) Guna Mewujudkan Polri yang Promoter.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra. Rina Sari Ginting mengatakan Kapolda Sumut  sebelum memulai sambutannya diawali dengan mengecek Para Kapolres sejajaran terutama Polres yang berada di wilayah pantai timur yang panjangnya + 575 km.

“Untuk pengawasan pantai timur ini, Polda Sumut akan melakukan pemberdayaan masyarakat mulai dari tahap penelitian, kemudian menyusun rencana aksi dan melaksanakannya kemudian mengevaluasi dan mendeklarasikan serta promosi dengan waktu yang telah ditentukan.” Ujar Kombes Rina menyampaikan awal sambutan Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut kemudian  menekankan kepada Karo Ops Polda Sumut sebagai penjuru untuk segera melaksanakan rencana – rencana ini untuk menjadi pilot proyek model yang menghasilkan lingkungan bersih dan bebas dari narkoba.

“Tindak lanjut selanjutnya dilaksanakan MoU dengan kanwil Kemenkumham dalam memberikan bantuan perkuatan pengamanan terhadap rutan dan lapas.” ujar Irjen Rycko.

Kapolda Sumut juga meminta kepada Para Kapolres untuk memaparkan dan mengevaluasi pelaksanaan kasus – kasus menonjol dan untuk penjagaan tahanan segera evaluasi sehingga tidak ada lagi tahanan yang lari.

“Perhatikan standar kualitas dari rumah tahanan yang berada di kantor Polisi. Kemudian evaluasi tentang penggunaan senjata api dan berikan arahan – arahan yang jelas tentang senjata api dan cara pengamanannya.” tegasnya.

Dalam peringatan hari buruh (mayday) pada hari Senin tanggal 1 Mei 2017 nanti, para Kapolres juga diminta untuk membuat inovasi untuk merubah paradigma hari buruh yang identik dengan demonstrasi menjadi hari ulang tahun buruh yang diisi dengan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat dan positif seperti kegiatan sosial, olahraga dan hiburan.

Kapolda Sumut mengharapkan Kebijakan dan strategi Polda Sumut tentang penanganan kasus – kasus menonjol seperti narkoba harus selaras dengan kebijakan Kapolda yaitu “Bersih-bersih ke dalam dan hajar keluar”

Dalam “Bersih – Bersih ke Dalam” ada 3 kebijakan Kapolda yaitu :

1.Pemeriksaan secara pribadi-pribadi kepada anggota, baik secara rutin / insidentil oleh Kabid Propam.

2.Berikan reward dan punishment kepada anggota yang berhasil dalam tugas walau sekecil apapun dan bila perlu dipromosikan baik jabatan maupun kepangkatan.

3.Lingkungan tempat tinggal yang bersih dari narkoba.

Kapolda juga memberi penekanan kepada Para Kapolres untuk membuat deklarasi bersih-bersih ke dalam hajar keluar yang mendapat apresiasi dari Komisi III DPR RI.

Kebijakan Kapolda dalam “Hajar Keluar” yaitu melakukan penegakkan hukum dengan “Soft Approach” yaitu pendekatan yang lunak sampai pendekatan yang keras “Hard Approach” khusus nya terhadap para bandar narkoba.

“Untuk pendekatan secara lunak, kepada Para Kapolres segera memberikan sosiallisasi kepada masyarakat baik itu tokoh agama, tokoh adat para mahasiswa, pelajar untuk mengetahui bahaya narkoba. Dan ajak masyarakat untuk membuat daya tangkal di lingkungan masyarakat tentang narkoba.”katanya.

Kebijakan Kapolda dalam hal premanisme “Hajar Premanisme”, tidak boleh ada premanisme di wilayah Sumatera Utara. “Dan untuk penanganan konflik jangan ada lagi terulang seperti kejadian di Polres Simalulngun, Polres Madina dan Polres Belawan karena Kapolri menekankan sehebat apapun dalam mengungkap kasus, akan hilang bila ada konflik di daerah tersebut, apalagi konflik tentang sara.”sambungnya.

Oleh sebab itu Kapolda Sumut memerintahkan para Kapolres cegah dengan segera agar tidak ada lagi konflik di wilayah masing – masing. Diakhir sambutannya Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya gelar operasional ini. [rs]