0
RANTAUPRAPAT | GLOBAL SUMUT-Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Pramuka Kabupaten Labuhanbayu, Hj Siti Awal Siregar melantik 34 Gugus Depan (Gudep) se-Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Rantau Utara, Selasa (18/4) di Gedung Nasional Rantauprapat.

Dalam arahannya, Siti Awal, Gudep merupakan sebuah pangkalan yang handal sebagai tempat menempah karakter generasi muda harapan bangsa sejalan tugas Pramuka menumbuhkan tunas bangsa menjadi lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan.

Kepada Kamabigus diharapkan dapat menerapkan metode cara belajar interaktif, cara mengimplementasikan nilai dan prinsip dasa kepramukaan yang memiliki fungsi pendidikan spesifik hingga saling memperkuat agar tujuan tercapai. Pendidikan kepemimpinan lanjut Siti Awal, sebaiknya menerapkan kepemimpinan meliputi didepan menjadi teladan, ditengah membangun kemauan dan dibelakang mendorong serta memberi motivasi kemandirian.

"Maju mundurnya gerakan Pramuka tergantung pada kemauan dari dalam diri, tekad yang kuat menghadapi tantangan. Khusus remaja, mari bersatu hadapi narkoba yang saat ini dalam keadaan darurat," saran Ka Kwarcab Pramuka Labuhanbatu itu.

Sebelumnya, Ka Kwarran Rantau Utara, Hj Nauren Harahap, pelantikan Gudep merupakan langkah awal mempersiapkan pembinaan generasi muda kearah lebih baik karena akan ada pendidikan pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga menjadi teladan.

Diterangkannya, Pramuka mempunyai cita-cita dalam pengembangan karakter, karena terdapat aspek spiritual, emosional, sosial, jasmani dan rohani. Apalagi, Pramuka merupakan ekstra kurikuler wajib pada kurikulum 2013 di satuan pendidikan.

"Kepada yang baru, kami berharap jangan sungkan belajar dan bertanya agar hambatan dapat kita selesaikan. Khususnya Kamabigus dihimbau mendukung kegiatan kepramukaan dimasing-masing gudepnya," pintanya.[rs/yus]
Teks Foto : Ka Kwarcab Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar (kanan) menyerahkan SK Gudep se-Kwarran Rantau Utara.

Post a Comment

Top