0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pemerintah berkewajiban memberikan kesehatan bagi calon jemaah haji, agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun-rukun dan wajib haji.

Hal ini disampaikan Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Drg. Hj. Usma Polita Nasution, M.Kes pada acara Sosialisasi Haji Sehat yang diikuti 200 calon jemaah haji  Medan Tahun 2017, Rabu (12/4/2017) di Asrama Haji Medan.   

Menurutnya, tujuan pembinaan kesehatan haji adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku jemaah baik secara individu maupun kelompok untuk berperilaku sehat dan mandiri dalam menjaga kesehatannya, sesuai dengan budaya setempat berbasis pada kesehatan keluarga. "Selain itu, juga untuk meningkatkan tingkat kebugaran jemaah haji dan melakukan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular," ujar Wali Kota.                                                                                 
Penyelenggaraan kesehatan haji sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk mencapai kondisi istithaah haji kesehatan jemaah haji, mengendalikan faktor resiko kesehatan. Mencegah terjadinya transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar atau masuk oleh jemaah haji serta dan memaksimalkan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan haji.             

Kedepan, lanjut Walikota, semua jemaah haji dapat melanjutkan kegiatan seperti ini walaupun mungkin tidak didampingi oleh Kementrian Kesehatan. "Karena sebagai warga negara Indonesia, yang merupakan jemaah haji terbesar di dunia sudah seharusnya menyiapkan kondisi kesehatan dengan sebaik-baiknya," kata Walikota.[rs]

Post a Comment

Top