BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Arus mudik dengan KM Kelud yang datang dari Pelabuhan Batu Ampar Pulau Batam pada H-3 Kamis (22/6) sebanyak 3.120 orang atau hampir mencapai maksimum dispensasi yang berjumlah 3.164.

Informasi yang dihimpun Media ini, Dari jumlah itu tercatat sebanyak 500 orang di antaranya peserta mudik bareng gratis yang diadakan oleh Pelindo 1 kepada warga di sekitar wilayah kerjanya. Peserta mudik bareng gratis itu merasa senang mendapat fasilitas itu dan mereka berharap Pelindo 1 juga memberi fasilitas balik bareng gratis.

Sekretaris Kementerian Perhubungan Sugihardjo didamping General Manager Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid serta pejabat teras pelabuhan mengatakan terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan adalah termasuk terminal penumpang terbaik di Indonesia,” Arus mudik dengan KM Kelud yang datang dari Pelabuhan Batu Ampar Pulau Batam pada H-3 Kamis (22/6) sebanyak 3.120 orang atau hampir mencapai maksimum dispensasi yang berjumlah 3.164 “ Katanya.

Lanjut Sugihardjo, tahun ini dispensasi yang diberikan kepada kapal berbeda-beda dan tidak pakai persentase rata-rata tapi berdasarkan kondisi kapal, Jadi dua aspek yang jadi perhatian dalam memberi dispensasi. Pertama, faktor fasilitas keselamatan seperti pelampung dan sekoci. Kedua, ruang bebas. Jangan di kapal masyarakat tidak bisa bermanuver,” Di KM Kelud saya lihat masih ada ruang gerak penumpang. Jadi di Kelud penumpang masih nyaman ” Ucapnya.

Sugiharjo menyambut baik kelancaran arus mudik lebaran tahun ini serta kondisi terminal penumpang Bandar Deli yang sudah dilengkapi dengan garbarata setara dengan bandar udara,” Secara umum kondisinya baik dan para penumpang juga nyaman tidak ada keluhan. Dan jumlah penumpang sebanyak 3.120 orang masih sesuai aturan “ Ungkapnya.

Sugiharjo menjelaskan, Selama arus mudik lebaran tahun ini, di beberapa lokasi seperti bandara, maupun jalur jalan tol masih berjalan dengan baik dan pihaknya masih terus melakukan pemantauan kondisi terbaru arus mudik tahun ini,” Dalam arus mudik tahun ini beberapa ruas jalan tol di Jawa juga sudah siap untuk dipergunakan guna mempermudah dan menghindari kemacetan “ Jelasnya.[rs/abu]