JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Sebagai mitra kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komisi X DPR mendukung penuh diselenggarakannya Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017. Seperti Jambore Nasional tahun 2016 lalu, kegiatan ini juga akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, sekaligus memperingati Hari Pramuka ke-56 pada 14 Agustus 2017.
Hal itu diungkapkan oleh anggota Komisi X DPR, Ridwan Hisjam di Jakarta, Kamis (29/6). Menurutnya, Gerakan pramuka menguatkan persatuan NKRI, salah satunya dengan cara mengumpulkan anak muda dari seluruh kota/kab dalam satu bumi perkemahan. Maka, ia pun meminta pemerintah mendukung eksistensi Gerakan Pramuka. “Dukungan bukan hanya sekadar moril, tetapi juga anggaran,” ungkap Ridwan Hisjam, anggota DPR dari Dapil Jawa Timur V ini.
Ridwan mengaku belum pernah melihat peserta perkemahan selengkap Raimuna Nasional yang dihadiri lebih dari 15.000 anak muda se Indonesia, bahkan luar negeri. Menurutnya, kegiatan ini cermin dari Indonesia yang sebenarnya.
“Kalau saya lihat, pesertanya dari semua Kota/Kab. Maka Raimuna Nasional ini bisa dikatakan seperti Indonesia mini. Kita bisa melihat wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa, di Cibubur pada Agustus mendatang,” terangnya.
Ridwan berpesan kepada semua pihak untuk menyukseskan kegiatan akbar generasi muda Indonesia ini. “Mari kita sukseskan Raimuna Nasional sebagai wadah berkumpulnya kreativitas anak muda, sesuai dengan temanya: Kreatif, Inovatif dan Berkarakter (KIBAR),” ujar anggota Komisi X DPR, Ridwan Hisjam di Jakarta, Kamis (29/6).
Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault berterima kasih atas dukungan berbagai pihak demi kesuksesan penyelenggaraan Raimuna Nasional XI tahun 2017. Sebab, baginya, Raimuna Nasional ialah forum untuk membentuk generasi muda agar siap menjaga keutuhan NKRI.
“Raimuna Nasional merupakan kawah candradimuka untuk membentuk generasi bangsa yang siap mempertahankan NKRI dan Pancasila,” kata pria berkumis ini.[rs]