0
RANTAU PRAPAT | GLOBAL SUMUT-Seekor lembu varietas Limousin sebagai salahsatu hewan kurban Keluarga besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Labuhanbatu.

Untuk musim kurban di Hari Raya Idul Adha 1438 H, pihak IPHI menyembelih 3 ekor lembu, Sabtu (2/9/2017) di kawasan jalan Perisai Rantauprapat.

Ketua Panitia Kurban IPHI Labuhanbatu, H Makmur Nasution didampingi Bendahara IPHI Labuhanbatu H Muhammad Deen mengatakan pelaksanaan kurban tahun 2017 sedikit mengalami kenaikan. "Diperhitungkan naik jumlah tonase daging kurban dibanding tahun kemaren (2016, red)," katanya.

Sebab, meski jumlah ekor kurang yakni pada Idul Adha 1437 H/2016 M mencapai 4 ekor, tapi untuk musim kurban 2017 M seekor lembu limousin berbandng tiga ekor lembu biasa. "Jadi menurut tonase, total 3 ekor lembu kurban IPHI Tahun ini, sama halnya 5 ekor lembu biasa," ulasnya.

Pihak IPHI berencana membagikan daging kurban itu untuk 400 orang mustahak menerimanya. Dan, memprioritaskan pembagian ke daerah yang minim pelaksanaan kurban.

"Jadi prioritas kawasan yang tidak ada kurban atau daerah yang minim pelaksanaan penyembelihan kurban. Yakni, di Desa Sukarame, Pulau Padang, Aek Buru, kecamatan Bilah Barat dan sejumlah kawasan daerah lainnya," tambah dia.

IPHI kata Makmur sudah melakukan ibadah kurban sejak 10 tahun lalu. Dan menjadi kalender rutin. "Pelaksanaan kurban semasa IPHI Labuhanbatu dikepemimpinan HT Milwan hingga kepemimpinan H Pangonal Harahap," tandasnya.

Ketua IPHI Labuhanbatu H Pangonal Harahap mengatakan rasa syukur semakin meningkatnya kesadaran masyarakat secara umum, khususnya para anggota IPHI untuk rutin berpartisipasi melaksanakan ibadah Kurban. "Semoga dengan berbagi dengan sesama, kita mendapat rahmad, taufik, hidayah dan inayahNya," tandas Pangonal.

Sementara itu, warga yang tergabung dalam Badan Kenaziran Masjid (BKM) Baitul Muhsinin Perisai juga melakukan penyembelihan hewan kurban di saat dan tempat yang sama.

Warga menyembelih kurban sebanyak 10 ekor lembu. Dan ini mengalami peningkatan dibanding musim kurban tahun lalu. "Jika tahun 1437 H lalu hanya 8 ekor, tapi tahun 2017 ini naik jumlahnya menjadi 10 ekor," kata Ketua Panitia Kurban BKM Baitul Muhsinin Perisai, Baginda Siregar.

Dan, pihaknya juga akan membagikan daging kurban itu kepada masyarakat dengan sistem pembagian sebanyak 750 kupon. "Masyarakat distribusi daging kurban di linkungan Perisai, Pusri, warga Gang Panah, termasuk Perumahan Perisai Indah dan Kampung Sipirok," tandasnya. (Dimhar)

Ket foto :
H.Pintas Harahap SE (Wakil Ketua IPHI),, Bendahara IPHI H.Muhammad Deen mendampingi Ketua IPHI L.batu H Pangonal Harahap SE MSi.

Post a Comment

Top