0
PAPUA | GLOBAL SUMUT-Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam.

Di dalam dunia pertanian di Indonesia sudah tidak asing lagi istilah “Penyuluhan Pertanian”, dimana penyuluhan pertanian itu sendiri sangat penting untuk meningkatkan produksi para petani, masih banyak petani di Indonesia yang merasa kecewa dengan hasil produksi panennya yang belum maksimal sementara usaha untuk mencapai itu telah dilakukan.

Bertempat di Pos Kotis Satgas Yonif 121/MK Kampung Wonorejo Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua, Selasa, 13 Maret 2018, Satgas Yonif 121/MK mengundang para Ketua Kelompok Tani yang ada di Kampung Wonorejo untuk mendapatkan penyuluhan dari Dinas Pertanian Kabupaten Keerom. Turut hadir untuk mendampingi penyuluhan pertanian Staf Teritorial Satgas Yonif 121/MK yang terdiri dari Lettu Inf Elias Sinaga dan Sertu Jefry P. Nainggolan. Sementara dari Dinas Pertanian Kabupaten Keerom menghadirkan Tenaga Penyuluhan Lapangan Ibu Sari Ifah.

Penyuluhan itu sendiri disampaikan langsung oleh Ibu Sari Ifah yang meliputi beberapa materi, yaitu : 1.    Sebelum Panen.     a.   Teknik Budi daya tanaman.     b.    Pemilihan benih dan bibit unggul.     c.    Perlindungan tanaman.     d.    Penggunaan sarana produksi.     e.    Pengaturan pengairan untuk tanaman. 2.    Setelah Panen.     a.    Cara pengumpulan hasil.     b.    Pengangkutan dan penyimpanan. Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para petani, namun dengan pengetahuan yang dimiliki oleh petugas penyuluhan lapangan Dinas Pertanian Kabupaten Keerom membuat wawasan petani menjadi bertambah dan sekaligus berterimakasih karena menambah pengetahuan mereka tentang teknik-teknik pertanian yang benar, seperti yang disampaikan salah seorang petani atas nama Bapak Misran.

“Saya berterimaksih atas penyuluhan ini karena selama ini saya bertani berdasarkan pengetahuan yang saya miliki saja, dengan adanya penyuluhan ini saya akan coba teknik-teknik yang telah disampaikan mudah-mudahan produksi tanaman saya dapat meningkat”. Tutur Misran.[rs]

Posting Komentar

Top