0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima penghargaan sebagai Anggota Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam acara Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2018.

Penghargaan yang ditandai dengan menyematan kartu dan pemberian piagam keanggotaan serta pemasangan jas langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Sasongko Tedjo, setelah kegiatan jalan santai bersama ribuan anggota dan keluarga besar PWI Sumut di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (25/3/2018).

Dalam sambutannya, Sasongko Tedjo mengatakan, pemberian penghargaan sebagai Anggota Kehormatan PWI ini bukanlah hal yang biasa, karena berdasarkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), penerima anugerah adalah figur-figur yang berjasa luar biasa dalam pengembangan Pers dan PWI. “Dari tahun 1974 hingga 2018 sekarang, baru ada 38 yang mendapat penghargaan ini dan Pak Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi adalah yang ke 38 di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan Sasongko, penganugerahan ini diberikan dengan berbagai penilaian dan mengkaji apa yang telah Gubsu Erry berikan, berupa sumbangsih dan kontribusi cukup besar baik perhatian maupun bantuan-bantuan yang lain, bagi perkembangan Pers di Sumut. “Termasuk secara konsisten memfasilitasi PWI Sumut agar dapat menjadi tuan rumah HPN dan sejumlah penghargaan pers lainnya,” kata Sasongko.

Sementara itu, Gubsu Erry Nuradi didampingi Kadis Kominfo Fitriyus dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus mengucapkan selamat HPN Tahun 2018 tingkat Provsu kepada para rekan-rekan media dan wartawan.

“Terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada PWI dan seluruh keluarga besar pers di Sumut yang telah memberikan kontribusinya, pengabdian dan dukungannya terhadap program-program pemerintah baik program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat di semua bidang,” kata Erry.

Dikatakannya, sebagaimana diketahui fungsi dari sebuah media, selain memberikan informasi juga memiliki fungsi lain seperti pendidikan, hiburan dan yang tidak kalah pentingnya fungsi sosial kontrolnya. Karenanya walaupun terkadang ada kritik yang membuat telinga memerah, tapi itulah sebenarnya yang terbaik.

“Sebuah institusi atau pemerintah perlu adanya masukan, kritik dan saran yang didapat dari berbagai pihak, baik dari DPRD dengan fungsi pegawasannya, juga fungsi dari trias politika keempat yakni media. Terimakasih kepada media yang telah memberikan masukan yang berharga untuk kemajuan Provinsi yang kita cintai ini,” ujarnya.

Erry juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus PWI Pusat dan PWI Sumut yang telah memberikan kepadanya jas serta kartu anggota kehormatan. “Hal ini merupakan sesuatu yang sangat berharga dan membuat kami tersanjung, karena sebenarnya kami belum berbuat banyak kepada para rekan-rekan wartawan,” ucapnya, sembari mengatakan, ke depan agar dapat terus bergandengan tangan membangun provinsi ini.

Gubsu Erry juga menyampaikan, tahun ini dan tahun depan merupakan tahun politik. Ada 171 daerah di Indonesia yang mengikuti Pilkada serentak, termasuk di Sumut ada 1 Provinsi dan 8 kabupaten/kota.

“Mari kita jaga tahun politik ini agar Sumut tetap dalam suasana yang kondusif, aman dan damai untuk masyarakat dengan harapan lebih makmur dan sejahtera dengan program yang dilaksanakan pemerintah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gubsu kembali menyampaikan harapannya, agar Sumut dapat menjadi tuan rumah HPN tahun depan. “Kepada Ketua PWI Pusat Bapak Sasongko dan salam hormat kepada seluruh anggota, kami titipkan usulan agar Sumut kembali dapat dilirik sebagai tuan rumah HPN Tahun 2019,” harap Erry, menutup sambutannya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara PWI Sumut dengan UMSU tentang peningkatan sumber daya manusia melalui program sarjana dan pasca sarjana. Juga dimeriahkan dengan penyerahan bantuan tali asih kepada para warakauri wartawan, pemberian piagam penghargaan kepada Ketua PWI kabupaten/kota terbaik di Sumut, serta penarikan undian lucky draw yang menyediakan hadiah-hadiah menarik.

Turut hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, mewakili unsur FKPD Provsu, mewakili Bupati Deliserdang, Ketua PWI Sumut Hermansjah dan jajaran kepengurusan, Ketua SPS Sumut Parianda Putra Sinik, Kepala TVRI Wisnu Nugroho, Rektor UMSU Dr Agussani, mantan Ketua PWI Sumut HM Yazid, Ketua Ikatan Keluarga Wartawan (IKWI), KPID Rahmat Karo-Karo, Dewan Pengawas Tirtanadi, Aroma Bakery Suwardi, pimpinan umum, redaksi serta perusahaan media cetak dan elektronik.[ulfah]

Post a Comment

Top