0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu cara mewujudkan kemandirian ekonomi daerah. Karena, selain terbukti lebih kebal terhadap krisis ekonomi, UMKM juga diyakini mampu menggerakkan potensi ekonomi daerah.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi saat menghadiri acara Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Membangun Swadaya Rakyat (Gerbang Swara) Kota Medan, sekaligus penyerahan bantuan CSR Bank Sumut di Hotel Saka Medan, Minggu (1/4/2018).

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyebutkan, UMKM sebagai sektor strategis ekonomi domestik memiliki daya tahan yang kuat terhadap krisis. Hal ini disebabkan oleh sifat permodalannya yang mandiri dan tidak memerlukan uang pinjaman dari luar.

“Sehingga, apabila krisis global melanda dunia seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998 dan 2008, UMKM tetap bertahan. Sistem ekonomi yang sehat dan mandiri seperti ini yang harus kita kembangkan di Sumut,” jelasnya.

Selain itu, menurut Erry, UMKM sangat potensial untuk mengangkat potensi daerah, meningkatkan pendapatan daerah, dan menyejahterakan masyarakat. “Pada umumnya, UMKM selalu memberdayakan bahan baku lokal, sehingga potensi-potensi daerah tergali. Begitu pula dengan mempekerjakan talen-talen lokal yang bisa mengurangi jumlah pengangguran,” ujarnya.

Erry kemudian mengapresiasi Gerbang Swara yang telah berinisiatif mengadakan Program Wirausaha Pemula dengan memanfaatkan bantuan CSR dari Bank Sumut. Program Wirausaha Pemula menyediakan 45 gerobak dan bahan baku es blend yang akan disalurkan kepada anak muda yang belum bekerja atau keluarga yang membutuhkan di Kota Medan, Kabupaten Asahan, dan Kabupaten Deliserdang.

Kepada Gerbang Swara, Erry berharap agar program-program yang menciptakan pertumbuhan UMKM seperti itu terus berlanjut. Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bersedia memberikan dukungan jika Gerbang Swara memiliki ide-ide atau program yang bisa meningkatkan pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan dan mengurangi pengangguran.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat Gerbang Swara Tasimin MT mengucapkan terima kasih kepada Gubsu Erry yang telah memberikan bantuan melalui CSR Bank Sumut. “Program Wirausaha Pemula ini adalah bentuk partisipasi kami sebagai mitra pemerintah untuk membangun daerah Sumut,” ujarnya.

Tasimin berharap, Program Wirausaha Pemula ini akan membuka peluang usaha bagi pengangguran atau keluarga tidak mampu dalam meningkatkan penghasilan.

Dijelaskannya, selain Program Wirausaha Pemula, Gerbang Swara juga memiliki program-program lain yang berusaha untuk menjembatani pemerintah dengan masyarakat yang tidak mampu, diantaranya program sosialisasi kartu nelayan dan kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Bagi masyarakat yang belum tahu bagaimana memperoleh kartu asuransi, entah kartu nelayan atau jamkesda, kami sebagai jembatan pemerintah mensosialisasikan cara memperolehnya, bahkan kita bantu masyarakat mendaftarkannya,” pungkasnya.

Turut hadir Ketua DPW Gerbang Swara Kota Medan yang baru dilantik Mahli Syahputra beserta jajaran pengurus, Pimpinan Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Sumut Syafrizal, ketua dan utusan DPW Gerbang Swara Labuhan Batu Utara, Asahan, dan Deliserdang. Sedangkan Gubsu Erry didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu Ilyas Sitorus.[ulfah]

Post a Comment

Top