0
NIAS | GLOBAL SUMUT-Lanal Nias Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata 2018 di Lapangan Polres Nias jalan Muhammad Hatta Nomor 1, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (19/09/2018) pagi pukul 09.00 wib.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam amanat yang dibacakan Wakapolres Nias Selatan Kompol Banggas Simarmata menyebutkan, Operasi Mantap Brata 2018 akan berlangsung selama 397 hari mulai 20 September 2018 hingga 31 Oktober 2019 dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2019 bersama Polri serta unsur-unsur TNI dan stakeholder lainnya.

 “Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan-kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui fungsi-fungsi Kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, Tingkat Daerah, dan Tingkat Polres,” kata Jenderal Tito.

Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras menjamin penerapan Pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Berbagai potensi kerawanan telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. “Keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan Pemilu tahun 2014, serta Pilkada serentak tahun 2015, 2017, dan 2018, menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pemilu tahun 2019,” kata Kapolri.  Dalam amanatnya, Kapolri juga berharap soliditas dan sinergitas TNI Polri guna  mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai. Menjaga netralitas, Kedepankan langkah proaktif dengan deteksi dini, dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan massa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, dan pengawas untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang digunakan dalam penyelenggaraan, Susun perencanaan pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi masalah-masalah yang ada dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang dikelola melalui Sentra Gakkumdu, atau potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin ketepatan kamtibmas yang kondusif.

Hadir dalam Kegiatan Acara Gelar Pasukan Ops Mantap Brata 2018 Unsur Forkopimda Kab. Nias Selatan, Mewakili Dan Lanal Nias Pasintel Lanal Nias Mayor Marinir Jayusman, SH. Mewakili Kapolres Nias Selatan Kompol Bonggas Simarmata (Irup), Para Kapolsek se Polres Nias Selatan, Kanit Reskrim Res Nias Selatan Ipda Moelyoto (Paup), Kanit Tipidter Res Nias Selatan Ipda Dian P. Simangunsong S.H (Danup), serta dihadiri juga Pasukan Apel 1 Pleton Koramil Telukdalam, 1 Pleton Lanal Nias, Personil Polres Nias Selatan, 1 Pleton Pol - PP Nias Selatan, 1 Pleton Dishub Nias Selatan, 1 Pleton Pramuka Saka Bhayangkara dan Kendaraan Dinas roda 2 dan 4 TNI/Polri/stakeholder lainnya.[abu]

Posting Komentar

Top