0
RIAU | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang melakukan Launching Calendar of Event Pariwisata Kota Tanjungpinang dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pengelolaan dan Optimalisasi Objek Pariwisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan pada Senin, 28 Januari 2019 di Gedung Aisyah Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Acara ini dihadiri oleh Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya, Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang Wan Rafiwar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Raja Kholidin, General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang Arif Indra Perdana serta perwakilan dari ASITA, PHRI, HPI, GENPI, maskapai penerbangan dan operator pelayaran.

Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk melakukan sinergi antara Pelindo 1 dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sesuai dengan sumberdaya dan kompetensi yang dimiliki masing-masing untuk melakukan pengembangan dan dukungan pengelolaan pariwisata di Kota Tanjungpinang dan sekitarnya, jelas Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma bersyukur atas partisipasi aktif dan kerjasama dari Pelindo 1 untuk turut mengembangkan sektor pariwisata yang mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Tanjungpinang.

Kami akan upayakan destinasi wisata yang berkelanjutan untuk wisatawan, khususnya dari Malaysia dan Singapura. Selain itu juga untuk mendorong perekonomian daerah, kami juga mengembangkan Kelompok Sadar Wisata, terang Rahma.

Menurut Rahma, jumlah kunjungan wisatawan tiga tahun terakhir ini terus meningkat, tahun 2016 kunjungan wisata sebanyak 92.948 orang, tahun 2017 sebanyak 117.384 orang, dan tahun 2018 sebanyak 124.569 orang.

Harapannya dengan sinergi yang kami lakukan, kami akan bersama-sama mengembangkan dan mengelola potensi-potensi wisata yang ada di Tanjungpinang dan sekitarnya sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisata, terutama melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura yang dikelola oleh Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang.

Kami akan terus melakukan persiapan dan sosialisasi dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kalender pariwisata yang hari ini diluncurkan, tambah M. Hamied Wijaya.

Terminal penumpang Sri Bintan Pura yang dikembangkan oleh Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang telah menerapkan digitalisasi pelabuhan untuk segmen layanan penumpang yang berupa penerapan sistem e-berthing yang merupakan sistem online untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan permintaan pelayanan tambatan kapal yang bisa diakses menggunakan smartphone serta sitem e-pass untuk pembayaran pas pelabuhan dilakukan secara nontunai yang menjadi pilot project yang pertama kali diterapkan di pelabuhan di Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari dukungan Pelindo 1 kepada program pemerintah khususnya Kepariwisataan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan sebanyak 20 juta pada tahun ini.[abu]

Posting Komentar

Top