0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Dalam merealisasikan komitmen perusahaan untuk mengelola karir dan talenta berbasis digital, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 berkerjasama dengan PT. Telkom Indonesia, akan membangun aplikasi berbasis digital yang dikenal dengan  Integrated Talent Management System (ITMS). Aplikasi ITMS ini  bertujuan untuk  membuat sistem pengelolaan dan kesempatan pengembangan karir pegawai yang sistematis. Hal ini disampaikan oleh Direktur SDM Pelindo 1 M.Hamied Wijaya saat membuka Kick Off Meeting Pembangunan Aplikasi ITMS pada tanggal 13 Maret 2019 di Kantor Pusat Pelindo 1.

Dalam pengelolaan SDM, Pelindo 1 saat ini tidak lagi  menerapkan sistem manual melainkan bertransformasi kepada sistem digital. Pembangunan Aplikasi ITMS ini akan membuat sistem pengelolaan karir pegawai yang transparan dan sistem yang memungkinkan karyawan untuk mengelola, merencanakan karir dan pengembangan dirinya. Aplikasi ini juga nantinya akan memudahkan integrasi data talent ke Kementerian BUMN. Direncanakan aplikasi ini akan launching pada tanggal 17 Agustus 2019, jelas Hamied Wijaya.
Sementara itu, M. Deta Septianto selaku Steering Committee pembangunan aplikasi ITMS, menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi ITMS ini, pengelolaan talent akan lebih tertata secara sistematis dan rapi. Perusahaan dapat dengan mudah mencari dan menentukan talent-talent yang unggul dalam suatu bidang pekerjaan. Aplikasi ini juga mampu meningkatkan keaktifan pegawai dalam menentukan karirnya dalam perusahaan karena dalam setiap proses tahapan akan ada beberepa penilaian yang diukur sehingga membuat pegawai aktif untuk melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap dirinya, jelas Deta Septianto.

Selain itu, Aplikasi ITMS ini juga memiliki keunggulan lainnya seperti tata kelola karir yang lebih baik, kemampuan untuk visualisasi dan analisis data untuk para petinggi perusahaan, dan ITMS memastikan bahwa data dapat di kompulir secara baik, sehingga mengurangi kemungkinan perbedaan data. Aplikasi ini direncanakan akan diterapkan kepada seluruh pegawai baik Talent dan Top Talent.[abu]

Posting Komentar

Top