0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Sabrina membuka sesi paparan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumut tahun 2020 di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Maulana Lubis Nomor 7, Medan, Kamis (11/4).

Sesuai tema yang diusung, yakni ‘Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pembangunan Sumatera Utara yang Bermartabat’, maka dalam sambutannya, Sabrina menekankan sasaran makro pembangunan harus difokuskan pada pencapaian target pertumbungan ekonomi sebesar 5,4%.

Selain itu, katanya, penurunan angka pengangguran terbuka harus menjadi 5,4%, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,43 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 71,67 dan gini rasio menjadi 0,320.

“Sasaran utama Pembangunan Tahun 2020 tersebut merupakan bagian dari serangkaian program unggulan yang memiliki daya ungkit yang akan mendorong terjadinya lompatan dalam pembangunan Provinsi Sumut lima tahun ke depan,” katanya.

Untuk mewujudkan sasaran utama pembangunan tersebut, Sabrina menambahkan perlunya dukungan dan kerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota dan semua pemangku kepentingan, perguruan tinggi, BUMN/BUMD, swasta dan seluruh masyarakat Sumut. “Kita semua perlu bekerja sama dan saling mendukung,” tegasnya.

Sabrina juga berharap, Musrenbang RKPD Provinsi Sumut tahun 2020 ini dapat membangun dialog yang lebih konstruktif demi mengatasi berbagai permasalahan saat ini. Sehingga Sumut yang maju, aman, sejahtera dan bermartabat benar-benar dapat terwujud.

“Melalui pelaksanaan Musrenbang ini kita harus bisa membangun dialog yang lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara yang aman, maju dan bermartabat,” kata Sabrina.

Musrenbang kali ini menghadirkan narasumber dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Direktur Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air Edy Juharsyah, Kepala Subdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan SMK Arie Wibowo Kurniawan. Ada juga Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagakerjaan Ismail Pakaya dan Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Leny Nurhayati Rosalia.

Turut hadir Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Forkopimda Sumut dan perwakilan BUMN dan BUMD, Asisten Adaminstrasi Umum dan Aset Zonny Waldi, Kepala Dinas Perkebunan Herawaty, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Nurlela, Kepala Bappeda Irman, Kepala OPD Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumut. Musrenbang RKPD Provinsi Sumut 2020 ini digelar sejak 9 April dan akan berakhir 12 April 2019.[ulfah]

Posting Komentar

Top