0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Sempat viral di media sosial (Medsos) facebook maupun Instagram melakukan aksinya di pintu tol Mabar, Kecamatan Medan Deli beberapa waktu lalu, Satu dari Dua pelaku bajing loncat berhasil ditangkap Petugas Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan, Sabtu (21/09/2019).

Bajing loncat yang berhasil diringkus yakni Maratua Nasib Aritonang alias Tua (26) warga Jalan Tol Kampung Salam, Kelurahan Bahari, Kecamatan Medan Belawan.  Pengangguran ini ditangkap Satreskrim Polres Belawan di Jalan Pelabuhan Raya depan Gudang MJ.  Kepada Metropublik.com, Kapolres Belawan, AKBP H.Ikhwan Lubis membenarkan pihaknya sudah mengamankan bajing loncat yang beraksi di pintu tol Mabar tersebut.

“Iya benar, satu dari dua pelaku sudah ditangkap petugas Satreskrim Polres Belawan,” ujar AKBP Ikhwan lewat sambungan telepon selulernya.

Dijelaskannya, penangkapan pelaku ketika petugas yang melakukan penyelidikan mendapat informasi tentang keberadaan para pelaku.
“Petugas yang mengetahui keberadaannya langsung melakukan penangkapan terhadap Maratua Nasib Aritonang als Tua,” jelas mantan Kasubdit Indag Ditreskrimus Polda Sumut ini.  Selanjutnya, Ikhwan menuturkan, bandit jalanan ini langsung diboyong ke Mako Polres Belawan untuk proses lebih lanjut.

“Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan lanjut. Dari tangan tersangka kita menyita barang bukti berupa 2 velg besi truck dan topi pelaku yang digunakan sewaktu melancarkan aksinya,” terang mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini.

Sebelumnya, orang nomor satu di Polres Belawan ini menerangkan, aksi para bajing loncat di pintu tol Mabar yang sempat viral di Medsos sudah cukup meresahkan masyarakat.  Sebab, dalam video tersebut terlihat kedua pelaku mendekati salah satu mobil berisi suku cadang yang akan keluar di pintu gerbang tol Mabar.

Selajutnya, salah satu pelaku naik ke atas mobil mengambil barang-barang dan menurunkan dibantu pelaku lainya serta kabur meninggalkan lokasi.

“Kita dapat informasi dari beberapa media sosial tentang aksi banjing loncat yang mencuri suku cadang dari mobil pick up saat hendak keluar pintu Tol Mabar. Lalu dari sini kami melakukan penyelidikan dengan menurunkan petugas Satreskrim Polres Belawan. Akhirnya, satu dari pelaku berhasil kita ringkus,” terangnya.

Selain itu, AKBP Ikhwan menambahkan, pihaknya masih melakukan pengembangan untuk menangkap tersangka lainnya.  “Saat ini kita fokus melakukan pengembangan untuk meringkus tersangka lain. Intinya, kita tetap berupaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” tambah Kapolres Belawan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Belawan, AKP Jerico Lavian Chandra SIK menegaskan, pihaknya akan menindak tegas para pelaku kejahatan di wilayah hukumnya.

“Kita akan kejar terus tersangka yang masih DPO untuk bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya. Oleh karena itu, jangan coba-coba melakukan tindak pidana di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan,” tandas Alumnus Akpol Tahun 2008 ini. (abu)

Posting Komentar

Top