0
JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Dongeng merupakan salah satu media pendekatan pada anak yang sangat efektif, sehingga motorik anak bisa berkembang. 

Melalui  dongeng anak bisa mempunyai imajinasi dan daya ingat yang sangat melekat. 

Melalui mendongeng pendongeng nasional Kak Harris roadshow di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Wringin Anom Gresik (28/2). 

Kak Harris memberikan materi kepada ratusan orang tua  dalam seminar Workshop di Aula TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Wringin Anom Gresik karena dalam kegiatan dongeng sekarang ini jarang sekali di lakukan khususnya kepada orang tua. 

Kusmiati selaku Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Wringin Anom Gresik menjelaskan kegiatan yang menghadirkan pendongeng ternama Kak Harris ini saya menginginkan kita semua khususnya orang tua berbagi pengalaman dalam menangani permasalahan pada anak. Anak adalah generasi yang dimana kita orang tua harus bisa memberikan rasa nyaman dan aman selama anak berada didekat orang tua. 

Banyak orang tua yang sibuk dengan aktifitas dan pekerjaannya sendiri tanpa harus memperhatikan anaknya. 

Kusmiati menambahkan banyak orang tua menyerahkan semua  kepada sekolah tentang perilaku terhadap anak, padahal hal semacam itu sangatlah keliru karena anak seharusnya harus dekat dengan orang tuanya karena perilaku anak adalah wujud cermin orang tua. 

"Dalam hal ini orang tua merupakan ujung tombak yang seharusnya membentuk perilaku anak", ujar Kak Harris di dalam materinya. 

Dalam materinya juga Kak Harros menjelaskan sesibuk apapun orang tua seharusnya orang tua diwajibkan harus ada komunikasi dengan anak tentang apa yang ingin dia sampaikan kepada orang tuanya. 

Banyak sekali kenakalan anak di sebabkan faktor lingkungan dan kurang perhatian orang tua terhadap anak. 

Sumiati salah satu orang tua yang kesehariannya menjual nasi di warung mengungkapkan bahwa mereka ditinggal suami meninggal dunia saat sang anak usia bayi dan bahkan kesehariannya beliau habiskan buat jualan di warung untuk mencukupi perekonomian keluarga sehingga sang anak memprotes kepada ibunya karena jarang sekali memperhatikan anaknya. 

Inilah salah satu cermin kalau anak juga butuh diperhatikan dan akhirnya Sumiati sadar apa yang mereka perbuat adalah keliru dan saat itulah Sumiati bisa membagi waktunya untuk mencari nafkah dan perhatian kepada buah hatinya. 

Workshop yang menghabiskan waktu satu setengah jam banyak sekali pertanyaan yang di sampaikan kepada orang tua kepada Kak Harris. 

Di akhir materi Kak Harris memberikan contoh dongeng yang baik orang tua kepada buah hatinya. 

Dongeng tidak harus seperti pendongeng umumnya cukup bacakan buku cerita di samping anak sebelum tidur atau menasehati anak sebelum tidur dengan begitu anak merasa sangat dekat dengan orang tuanya.

Saya ada berita mungkin bisa di naikkan. Berita ini bisa diedit mungkin ada kata yang kurang berkenan. Klau jadi naik saya minta tolong untuk dikirim linknya. Terima kasih.[red]

Posting Komentar

Top