0
H.PERAK | GLOBAL SUMUT-Jembatan yang menghubungkan Desa Klumpang Kampung dan Selangmuda serta Klambir V Kampung Kecamatan Hamparan Perak yang sudah berusia 60 tahun, perlu mendapat perbaikan dari Pemkab Deli Serdang, karena bila jembatan terputus maka tiga desa di Kecamatan tersebut akan kehilangan akses transportasi.

"Kami sangat mengkhawatirkan melihat kondisi jembatan Klumpang Kampung yang telah berusia 60 tahun tersebut,setelah diperbaiki masa Gubernur Marah Halim Harahap, jembatan tersebut tidak pernah lagi mendapat sentuhan perbaikan dari Pemprovsu maupun Pemkab Deli Serdang," Ucap Pakmus (70) warga Dusun III, Desa Klumpang Kampung dalam Reses Tahap I Tahun 2020 anggota DPRD Deliserdang, Muhammad Adami di Gg Sumer Waras Desa Klumpang Kampung, Kecamatan Hamparan Perak pada Jumat (21/2/2020) malam.

Dikatakan Pakmus, jembatan yang dibangun oleh orang kaya Pai pada tahun 1940, bertujuan untuk memperlancar transportasi masyarakat Desa Sialangmuda dan Klambir V Kampung untuk menyeberang Sungai Belawan membawa hasil pertanian ke Klumpang Kampung yang selanjutnya dibawa ke Medan.

Selain itu, jembatan dibangun untuk mempermudah warga dari Desa Selemak dan Klambir V Kampung untuk melaksanakan salat fardu dan Jumat di masjid satu-satunya yang terdapat di Desa Klumpang yang dibangun pada tahun 1920.

"Kini Jembatan Klumpang Kampung itu sudah lapuk, lantainya sudah ada yang bolong, sementara lokasi masjid yang berada di pinggir sungai sudah termakan abrasi dan perlu diberonjong untuk menahan terjadinya abrasi agar masjid tidak runtuh," ujar Pakmus.

Mendengar keluhan warga tersebut,Muhammad Adami Sulaiman MAg anggota DPRD Kab.Deli Serdang dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan ini merasa heran karena Pemerintah Desa Klumpang tidak memasukkan pembangunan jembatan dan pemasangan beronjong tanggul Sungai Belawan untuk menahan abrasi agar masjid tidak runtuh ke dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Klumpang maupun Kecamatan Hamparan Perak.

Meski demikian, lewat reses yang dilakukan untuk menampung aspirasi masyarakat, Muhammad Adami Sulaiman MAg yang duduk sebagai Sekretaris Komisi A DPRD Deli Serdang, akan membawa dua masalah itu lewat rapat pleno Dewan usai seluruh anggota Dewan melakukan reses bulan Maret 2020.

"Saya minta warga segera membuat proposalnya yang ditandatangi oleh kepala desa dan diketahui oleh camat, saya akan kawal agar pembangunan jembatan dan bronjong tanggul untuk mencegah abrasi agar masjid jangan runtuh segera terealisasi," ungkap Adami.[abu]

Posting Komentar

Top