0


BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso pimpin apel Komponen Cadangan (Komcad)/Komponen Pendukung (Komduk) Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) Pesisir Tahun 2020 , Rabu (18/11/2020).

Acara ini  berlangsung di Kampung Bahari Nusantara Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Pada kesempatan itu Danlantamal I membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., 
Kasal  mengatakan, Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut merupakan aktualisasi dari tugas utama serta kiprah TNI AL  dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah pesisir.  Juga sebagai upaya  peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, percepatan pembangunan daerah serta peningkatan ketahanan wilayah nasional. 

Acara puncak Dawilhanla Pesisir Tahun 2020 di Lantamal I Belawan ini  dengan tema: “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Program Dawilhanla T.A 2020 di Wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan  Guna Terwujudnya Penyiapan Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung Dalam Rangka Pertahanan Negara”. 

Hadir di acara itu Paban III Tahwilmar Spotmar TNI AL Kolonel Marinir Suhariadi, Aspotmar Danlanatamal I Kolonel Laut (P) Sunar Sholeddin, pejabat utama Lantamal I, Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan, Kapolres Deliserdang, Dandim 0204/05 Deliserdang, Ketua Daerah Jalasenastri Armada I (DJA-I), tokoh masyarakat, pemuka agama dan pemuda/pemudi Komponen Cadangan (Komcad dan Komponen Pendukung (Komduk) Dawilhanla.  

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa fungsi Dawilhanla merupakan salah satu tugas utama TNI Angkatan Laut yang disebutkan di dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004  tentang TNI. Ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai Ruang Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di laut  dalam rangka mendukung sistem pertahanan rakyat semesta.   

Acara puncak Dawilhanla Pesisir Tahun 2020 di Lantamal I Belawan ini berlangsung di Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (18/11).

Disebutkan,  acara puncak Dawilhanla ini  diselenggarakan dalam rangka inisiasi program Dawilhanla  yang terencana, terpadu dan berkesinambungan. Program ini telah dilaksanakan di wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan. 

Kesuksesan penyelenggaraan Dawilhanla ini tentunya tidak terlepas dari dukungan serta kerja sama yang baik dengan pihak Pemerintah daerah setempat dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota, serta Kementrian, Lembaga Pemerintah. Juga pihak swasta yang menaruh perhatian terhadap optimalisasi pembinaan potensi maritim melalui kegiatan yang berorientasi untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim khususnya pesisir.

Kasal mengharapkan dengan terlaksananya program Dawilhanla  dalam bentuk bakti TNI Angkatan Laut ini dapat mempercepat proses pembangunan karakter bangsa (National Character Building) serta memfasilitasi terciptanya  hubungan lintas sektoral antara TNI Angkatan Laut dengan instansi pemerintah dan swasta  serta masyarakat dalam rangka mewujudkan tenun kebangsaan yang lebih solid  dalam kerangka sinergi untuk Negeri. 

Untuk itu, sinkronisasi langkah dan tindakan serta kerja sama dan sinergitas satuan Komando Kewilayahan TNI Angkatan Laut harus senantiasa menjadi penekanan utama agar  selaras dengan dinamika dan perkembangan sosial kemasyarakatan di wilayah masing-masing guna mencapai dalam implementasi program Dawilhanla.

Di penghujung sambutannya, Kasal menekankan kepada seluruh jajaran  prajurit TNI Angkatan Laut untuk terus memberikan Darma bakti demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
Danlantamal I selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan, telah dijelaskan di dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun  2002 Pasal 7 tentang sistem pertahanan negara yang terdiri dari tiga yaitu komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung. Hal ini juga dipertegas dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2012 menjelaskan  bahwa pertahanan negara bersifat semesta atau menyeluruh
Maka dari itu apel yang kita  laksanakan pada hari ini merupakan momentum bagi kita bersama untuk bangsa  membangkitkan semangat persatuan serta semangat membela bangsa.
Selain itu kegiatan apel komcad/komduk ini juga merupakan bagian dari upaya kita dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yang tumbuh dari rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara , sehingga tiap-tiap warga negara memahami serta memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. [abu]

Posting Komentar

Top