0


BANDA ACEH | GLOBAL SUMUT - Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK PP) Negeri Saree, Aceh Besar, jalin kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pendidikan dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO), pada Selasa (22/11). 

“Perjanjian kerja sama ini dalam rangka pengembangan pendidikan pertanian di SMK PP Negeri Saree khususnya bidang pembibitan dan perbenihan tanaman,” kata Kepala Sekolah SMK PP Negeri Saree, Muhammad Amin, dalam keterangan tertulis, pada Rabu (23/11).
 
Kesepakatan kerja sama dikatakan Amin, bersamaan dengan kunjungan Tim Manajemen SMK-PP Negeri Saree ke perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia tersebut, di Purwakarta, Jawa Barat.

Adapun kesepakatan dalam kerja sama, di antaranya penyelarasan kurikulum sekolah sesuai kebutuhan industri, pelatihan dan magang guru, praktik kerja lapangan (PKL) peserta didik, program guru tamu dari perusahaan.

“Serta pembukaan kelas industri dan kegiatan pengembangan sumber daya lainnya,” ujar Amin.

 Hubungan antara SMK PP Negeri Saree dengan PT East West Seed Indonesia dijelaskan Amin, telah terjalin sejak beberapa tahun terakhir dalam beberapa kegiatan.  Seperti melakukan penyelarasan kurikulum, menjadi penguji dalam uji kompetensi siswa kelas XII dan kerja sama pengadaan maupun uji coba benih tanaman. 

“Sudah dimulai kegiatan konkrit walau secara belum ada MoU resmi,” jelasnya.

 Sehubungan dengan itu, kunjungan ke PT East West Seed Indonesia juga dalam rangka studi banding atau benchmarking. Pihak sekolah ingin melihat langsung perkembangan dan penggunaan teknologi perbenihan tanaman yang dijalankan oleh Cap Panah Merah. 

“Semoga pengalaman dan ilmu yang didapat selama benchmarking ini bisa diterapkan di lingkungan SMK PP Negeri Saree secara bertahap demi mendukung peningkatan kualitas pendidikan bagi peserta didik sehingga nanti mereka siap untuk bekerja di industri,” imbuh Amin.

 Sementara, Assistant HRBP Seed Operation Manager PT EWINDO, Aulia Rahman mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dan membantu untuk pengembangan pendidikan pertanian di SMK PP Negeri Saree.

“Hal ini menjadi komitmen perusahaan untuk membantu pendidikan vokasi pertanian di Indonesia, salah satu dengan membantu SMK Pertanian dalam pengembangan teknologi pembibitan dan perbenihan tanaman,” ucapnya.(Don Zakiyamani)

Posting Komentar

Top