0
STABAT  | GLOBAL SUMUT - Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH memperoleh penghargaan sebagai Kepala Daerah peduli lingkungan hidup dari ENO-Environment Online yang berpusat di Finlandia pada acara puncak konfrensi ENO yang pertama sekali diselenggarakan di Indonesia yaitu di  Wisata Danau Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Sabtu (3/11).

Penghargaan diterima Bupati Ngogesa yang diwakili Asisten Adm Ekbangsos Indera Salahuddin merupakan apresiasi kepada para kepala daerah yang dinilai telah berhasil membawa daerahnya dalam pelestarian lingkungan, penghargaan tersebut hanya diterima oleh 7 orang kepala daerah se-Indonesia yakni Gubernur NTT, Walikota Padang, Walikota Bandung, Bupati Kendal, Bupati Muba, Bupati Deli Serdang dan Bupati Langkat.
ENO-Environment Online sendiri adalah sebuah sekolah virtual global dan jaringan untuk pembangunan berkelanjutan dan kesadaran lingkungan, program ENO telah berjalan sejak tahun 2000 dikoordinasikan oleh ENO Association yang berbasis di kota Joensuu, Finlandia.
Kabag Humas Pemkab Langkat Drs. Rudi Kinandung, MAP saat dihubungi via telephon selulernya mengatakan penghargaan tertinggi ENO yang diterima Bupati Ngogesa dikarenakan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan serta upaya-upaya Pemkab Langkat selama ini dalam menciptakan ruang terbuka hijau dengan mendukung penuh program penanaman 1 Milyar pohon, masih menurut juru bicara Pemkab Langkat itu bahwa sebelumnya Bupati juga pernah  menerima penghargaan dari ENO Internasional School Finlandia pada tahun 2009 berupa Anugerah Silver Award atas penanaman 3.000 pohon di sekolah (green school).
Demikian juga penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri, Langkat merupakan penerima terbanyak sampai tahun 2012 dari Menteri Lingkungan Hidup RI Prof Balthasar Kambuaya, penghargaan Green City untuk Kota Stabat  tahun 2010 dan 2011 juga telah diterima oleh Bupati Ngogesa.
Ditambahkan Rudi bahwa dalam kegiatan Konferensi ENO Indonesia I di OKI yang turut dihadiri Pendiri ENO Mika Van Hannen, Pembina ENO Indonesia Ir H Ishak Mekki MM, Sekjen Kemenhut Dr Ir Hadi Daryanto DEA, Pangdam II Sriwijaya Mayjen Nugroho, Deputi Lingkungan Hidup Dr Hendri Bashanan, Gubernur Sumsel Alex Nurdin, dan bupati, walikota se-Indonesia juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) antara kepala daerah dengan ENO Director dalam program ENO Green City Network serta penanaman pohon mahoni  25.000 batang secara serentak oleh delegasi konfrensi yang belum pernah diadakan di Asia sehingga akan tercata pada rekor MURI.
(Awaluddin /Ka.Perwakilan Langkat)

Posting Komentar

Top