0
Menteri Agama RI Suryadharma Ali hadiri milad 100 tahun Jam’iyah Mahmudiyah di Langkat
ORMAS ISLAM JANGAN SALING REBUT PENGARUH
TANJUNG PURA | GLOBAL SUMUT - Pembangunan dalam bidang pendidikan tak hanya sekedar pemberian materi ilmu pengetahuan kepada anak didik tetapi diperlukan wawasan lingkungan, pembentukan mental spiritual dan kepribadian, memupuk sikap peduli pada lingkungan untuk saling bekerjasama dan kegotong-royongan serta mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai pedoman hidup.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Suryadharma Ali saat hadir pada acara milad ke 100 tahun Jam’iyah Mahmudiyah Litalibhil Khairiyah Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Sabtu (15/12).

“Melalui pendidikan yang berbasis keagamaan, peserta didik selain menjadi cerdas diharapkan dapat terbentuk keimanan yang kokoh dan akhlak yang baik” kata Suryadharma Ali seraya berharap agar lembaga pendidikan Islam tidak boleh terabaikan oleh para pengelola pendidikan Islam dimanapun.
Dijekaskan bahwa Islam diharapkan menjadi ajaran yang mulia dan sekaligus mewujud dalam perbuatan nyata, antara Islam dan prilaku sehari-hari tidak boleh ada jarak. Menyatunya antara ajaran dan perbuatan selalu didambakan oleh semua kalangan ketika mempercayakan pendidikan anak-anaknya pada lembaga pendidikan Islam.

Lebih lanjut Menteri Agama itu juga mengatakan satu diantara kekayaan umat Islam Indonesia adalah banyaknya organisasi Islam yang ambil bagian membangun umat dalam bidangnya masing-masing, untuk itu harapnya organisasi Islam tidak saling berebut pengaruh tapi saling mendukung dan melengkapi satu sama lain dalam membangun kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan kemandirian umat.

Sementara Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH mengatakan keberadaan Jam’iyah Mahmudiyah merupakan aset berharga bagi Langkat sejalan dengan visi religius yang diemban, perguruan tinggi tersebut secara nyata telah banyak melahirkan sejumlah alumni yang turut membina akhlak masyarakat lewat berbagai kiprah yang dilakukan para alumnusnya.

Dengan milad ke 100 tahun ini membuktikan bahwa lembaga pendidikan ini eksis dan semakin dipercaya oleh umat, pihaknya berharap Jam’iyah Mahmudiyah terus berkembang lewat keikhlasan dan kesadaran para pengurus yayasan maupun civitas akademika untuk selalu memberikan yang terbaik bagi amanah yang diemban.

Bupati langkat itu juga mengungkapkan satu diantara faktor kehancuran suatu bangsa bukanlah karena serangan dari luar, akan tetapi lebih kepada mentalitas moral masyarakat, oleh karenanya dirinya berharap peran agama dan para alumnus perguruan tinggi tersebut ditengah-tengah masyarakat dapat menjadi obor penerang dan pengawal moral.

Ketua Umum Pengurus Besar Jam’iyah Mahmudiyah Prof. Dr. H. Fahruddin Azmi, MA mengatakan kehadiran Menteri Agama RI merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan besar bagi pihaknya yang dapat menjadi pemicu motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dalam menghasilkan ulama-ulama Islam yang akan turut serta membesarkan bangsa melalui pembangunan umat.

Sebelumnya Ketua panitia acara yang juga Ketua MUI Sumut Prof. Dr. H. Abdullah Syah, MA melaporkan bahwa Jam’iyah Mahmuditah telah banyak melahirkan ulama-ulama besar yang menjadi tokoh penting Nasional diantaranya HT. Amir Hamzah Pahlawan Nasional, H. Adam Malik yang pernah menjabat sebagai wakil Presiden, Prof HM. Salim Fachri, H. Imanuddin. Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu eksisnya perguruan tinggi tersebut dan terlaksananya acara milad yang sekaligus dirangkaikan dengan wisuda 22 orang sarjana, terutama kepada Bupati Ngogesa yang sangat banyak membantu baik secara Instansi bahkan pribadi.

Diakhir acara diserahkan buku hasil seminoar dan kongres alumni serta piagam penghargaan kepada pewaqif kesultanan Langkat sebagai pendiri yayasan Jam’iyah Mahmudiyah, Hadir juga dalam acara Anggota DPR RI Hasrul Azuar dan Chairuman Harahap, Anggota DPRD Sumut H. Fadli Nurzal dan Nurul Azhar Lubis, Kakanwil Kemenagsu H. Abdurrahim, Tuanku Tengku Azwar Azir Zurriyat Sultan Langkat, Ketua MUI Langkat HA. Mahfudz, unsur Muspida dan sejumlah pejabat Pemkab Langkat serta segenap civitas akademika STAI-JM Tanjung Pura(Awal / Langkat)

Posting Komentar

Top