0
BABALAN   | GLOBAL SUMUT - Kabupaten Langkat sebagai satu diantara lumbung pangan di Sumatera Utara dalam program bidang pertanian tanaman pangan memberikan alokasi anggaran yang cukup besar bagi peningkatan sektor pertanian.

Demikian dikatakan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH ketika datang melakukan panen raya dan pesta rakyat di Dusun Sendayan II Desa Securai Selatan Kecamatan Babalan, Kamis (7/2).

Bupati Haji Ngogesa menyampaikan bahwa hasil panen besar yang didapat tidaklah semata karena keunggulan yang dimiliki tetapi tak terlepas andil campur tangan Tuhan yang Maha Kuasa dan keberadaan petugas penyuluh lapangan pertanian yang menjadi bagian tak terpisahkan mendukung stock ketersediaan pangan di bumi Langkat.

“Untuk itu mari kita bersyukur untuk lebih memantapkan keimanan dalam diri” ujar Haji Ngogesa karena ditambahkannya dengan bekal iman seorang hamba akan mempertebal rasa syukurnya seraya menghimbau agar masyarakat petani tidak mengalih fungsikan lahan mereka dengan tanaman keras yang belum tentu membawa hasil yang lebih baik.

Kedatangan Bupati Langkat bersama ketua TP.PKK Ny. Hj. Nuraida Ngogesa begitu antusias disambut oleh ribuan masyarakat yang menyesakan lokasi acara dengan persembahan Gondang Panomu-nomuan dan tarian ala adat batak lainnya serta pemberian ulos, dalam kesempatan tersebut Haji Ngogesa juga menyerahkan bingkisan kepada para petani yang mendapat hasil panen besar serta cenderamata berupa 2.000 helai kain sarung.

Sebelumnya Bupati Langkat itu sempat meninjau hasil tenunan kain warga dan membuka dialog langsung dengan para masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, pihaknya mengatakan akan berusaha terus meningkatkan fasilitas pertanian dan akses jalan agar warga disana dapat dengan mudah memasarkan dan meningkatkan hasil produksinya yang pada gilirannya akan membawa kesejahteraan.

Dirinya mengaku sangat merasa senang dan bahagia berada ditengah-tengah warga Sendayan yang penuh dengan keharmonisan dan hubungan kekeluargaan yang kuat, “Bukan pelekat sembarang pelekat, pelekat sudah beragi-ragi, Bukan melekat sembarang melekat, Melekat tak mungkin dipisah lagi” tutur Haji Ngogesa sedikit berpantun.

Sementara tokoh masyarakat setempat Osman Sitorus bersama Opu Rizki Sihombing mengungkapkan kegembiraan dan terima kasih mereka kepada Bupati Haji Ngogesa yang sangat peduli dan turut menyumbangkan dana Rp. 25 juta pada acara panen raya di lahan seluas ± 600 Ha itu, “Ini merupakan sejarah bagi kami warga Sendayan, Bapak berada ditengah-tengah kami untuk melaksanakan panen raya” ucap Osman disambut tepuk tangan dan yel-yel para warga yang memadati lokasi acara.

Diakhir kegiatan para kaum ibu beramai-ramai membawa tandok yang berisikan padi untuk diberikan kepada Bupati, karena merasa sangat bahagia dengan susana kekeluargaan yang kuat ditunjukan warga Sendayan Bupati Haji Ngogesa berjanji datang kembali ke daerah tersebut untuk bersilaturrahim, Hadir mendampingi Bupati Asisten Ekbangsos Indera Salahuddin, Staf Ahli Eddy Dharma Tarigan dan Rasmi Sitepu, Ka. BKD H. Amril, Kadis Pertanian Basrah Daulay, Kadis PU Bambang Irawadi, Kabag Humas Rizal G. Gultom, Kabag Umum Rudi Kinandung, Camat Babalan Faizal Matondang dan Ketua berbagai perhimpunan etnis serta sejumlah pejabat Pemkab Langkat lainnya.(Awal /Langkat)



Posting Komentar

Top