0
BELAWAN I GLOBAL SUMUT -Raja Banjar Sultan H. Khairul Saleh Al-Muhtasim Billah berkunjung ke Kabupaten Langkat dalam rangkaian Silaturrahim dan peringatan Maulid Nabi Muhamad, SAW sekaligus peletakan batu pertama gedung sekretariat Paduan Masyarakat Kulawarga Kalimantan (PMKK) Kabupaten Langkat di Rumah Adat Banjar “Lampau Banua” Jalan RA. Kartini Komplek Perkantoran Pemkab Langkat, Senin (25/2).

“Ulun kagum dengan warga Langkat, Dimana duduk Taampar, disitu Kakulaan dibina” kata H. Khairul Saleh dengan sedikit menggunakan bahasa Banjar menyampaikan ungkapan yang kira-kira berarti warga Banjar dimana saja tinggal bertanggung jawab untuk saling mengayomi dan membina.

H. Khairul Saleh yang juga Bupati Banjar Propinsi Kalimantan Selatan itu menghimbau warga dan Kakulaan Banjar di Langkat patut kiranya menyatukan langkah, suara, visi-misi, menyemaikan kekompakkan, menggalang solidaritas hal-hal yang berkaitan dengan kebaikan, kemajuan, keadilan dan pembangunan serta kesejahteraan bagi masyarakat Langkat seraya berpesan warga banjar yang ada diperantauan haruslah mendahulukan dan mengutamakan kepentingan pembangunan dan kebaikan warga setempat di Langkat.

Sementara Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH mengatakan keberadaan masyarakat Banjar memiliki sumbangsih bagi terpeliharanya kondusifitas maupun pembangunan materil spritual, Haji Ngogesa berharap semboyan Pangeran Antasari yang juga merupakan motto masyarakat Kalimantan Selatan yakni “Waja’ Sampai Kaputing” mampu diimplementasikan bagi perjuangan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat Langkat hingga tercapainya tujuan.

“Semangat dan semboyan ini dapat diwujudkan bagi kebersamaan masyarakat Banjar guna memberikan yang terbaik bagi bumi Langkat berseri” sebut Bupati Haji Ngogesa yang bergelar Datuk Setia Abdi Negeri itu.

Bupati Langkat itu juga menyatakan akan membantu penyelesaian pembangunan gedung sekretariat PMKK yang akan dibangun tepat disebelah Rumah Adat Banjar, tetapi dirinya meminta pada saat peresmian nantinya akan dilakukan oleh Raja Banjar dan Gubernur Sumatera Utara nantinya, “Saya akan bantu pembangunan gedung tahun ini juga, dengan syarat peresmiannya kelak haruslah dilakukan oleh Raja kembali dan Gubernur Sumut nantinya” ujar Haji Ngogesa disambut tepuk tangan dan applause meriah seluruh warga banjar dan undangan lainnya yang memadati lokasi acara.

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina PMKK H. Gatot Pujo Nugroho, ST mengucapkan selamat datang kepada Raja Banjar, dirinya mengakui konstribusi masyarakat Banjar di Sumatera Utara sangatlah besar terutama dalam hal pertanian karena sebagaian besar warganya berprofesi sebagai petani, sebagai dewan pembina yang juga Plt Gubsu itu Gatot mengajak masyarakat Banjar untuk terus membangun Sumatera Utara dengan kekayaan adat dan budaya yang dimiliki.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat Banjar yang berdomisili di Langkat juga menyampaikan pernyataan sikap mereka untuk mendukung terus pembangunan serta program Pemkab Langkat dibawah kepemimpinan Bupati Haji Ngogesa yang dinilai banyak memihak dan menyentuh kepentingan rakyat, akan hal tersebut mereka menyatakan kebulatan tekad untuk kembali mendukung dan memilih Haji Ngogesa sebagai Bupati Langkat pada periode kedua nantinya.

Diakhir acara diwarnai dengan saling menukar cenderamata anatara Sultan H. Kahirul Saleh, Bupati Langkat Haji Ngogesa dan Tokoh Masyarakat Sumut HT. Erry Nuradi, acara yang sempat diisi tausyiah singkat oleh Ustadz Bahrum Jamil juga dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung sekretariat PMKK, hadir juga Anggota DPRD Langkat H. Abdul Khair, Ketua MUI Langkat Buya HA. Mahfudz.(Awalludin / Langkat)

Posting Komentar

Top