0
STABAT I GLOBAL SUMUT -Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2013 merupakan rangkaian proses penyusunan anggaran tahun 2014 secara tepat sasaran dan tepat waktu, oleh karenanya dibutuhkan pemantapan dan penajaman prioritas usulan program serta wahana menjaring aspirasi masyarakat guna penyusunan kebijakan umum anggaran kedepan.

Saya minta kepada seluruh Kepala SKPD untuk serius mengikuti kegiatan ini dan memenuhi agenda yang telah terjadwal,” tegas Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH ketika membuka pelaksanaan Musrenbang Kabupaten yang berlangsung di ruang pola Kantor Bupati, Senin (27/3).

Dalam kesempatan itu Haji Ngogesa menetapkan 7 target sasaran RPJMD yang mengacu kepada visi misi Pemkab Langkat dan diharapkan setiap Kepala SKPD memperhatikan secara seksama usulan yang ada dengan mempertimbangkan dana yang tersedia.

Adapaun 7 target  sasaran RPJM  yaitu 1. Meningkatkan kualitas masyarakat yang relegius berbasis kearifan lolal, 2. meningkatkan uapaya penyelenggaraan Oemerintah yang bersih dan berorientasi pada pelayanan Publik dan pengguanaan Anggaran yang pro Publik, 3. meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat berbasis Agro Industri dan Bahari, serta Industri lainnya yang berwawasan lingkungan, 4. meningkatkan akselerasi pembangunan dalam meningkatkan daya beli, kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.

5. Meningkatkan tumbuhnya investasi primer, skunder, tersier yang berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan  masyarakat dengan penyiapan infrastruktur pendukung investasi dan peningkatan daya saing parawisata, 6.meningkatkan peran serta perempuan dalam berbagai proses pembangunan sosial polotik kesejahteraan dan perlidungan terhadap anak, 7. meningkatkan kualitas demokrasi dengan edukasi politik dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan politik.





Kepala Bappeda Propsu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ir.Tety Magdalena Nasution MSii Kabid Perencanaan sarana prasarana Bappeda-SU mengharapkan aparat perencana Kabupaten Langkat agar dapat menindaklanjuti program di tingkat pemerintah pusat, pemerintah propinsi, agar kualitas pembangunan daerah berjalan baik, terpadu sehingga alokasi anggaran yang digunakan efisien, efektif, tepat dan berhasil guna.

Lebih lanjut Tuty Magdalena menghibau Pemkab. Langkat agar hasil dari kegiatan Musrenbang RKPD tahun ini dapat disampaikan kepada Pemerintah Propinsi agar usulan tersebut dapat diproses menjadi Rencana Kerja (Renja) SKPD Propinsi Sumaterra Utara dan usulan RAPBN 2014 kepada Pemerintah serta menyesuaikan urusan tentang kewenangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota sesuai PP No.38 tahun 2007 dan Tupoksi SKPD masing-masing.

Sebelumnya Kepala Bappeda Kab.Langkat Drs. H. Astaman melaporkan bahwa maksud diselenggarakan Musrenbang tersebut untuk mengidentifidasi permasalahan dan kebutuhan pembangunan, menserasikan usulan Kecamatan dengan rencana Strategis (Renstra) Dinas/Instansi, menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran

Yang bertujuan untuk mendapatkan masukan akhir untuk menyusun program kegiatan tahun 2014, mendapatkan rincian rancangan awal usulan menurut Satuan Perangkat Daerah (SKPD), mensingkronkan agenda dan program prioritas pembangunan daerah dan menjadi media konsultasi Publik bagi segenap Stakeholders.

Musrenbang berlangsung selama 3 hari mula 25 s/d 27 Maret 2013 yang diikuti seluruh Kepala SKPD, sejumlah elemen masyarakat serta keanggotaan DPRD Langkat guna menjaring sebanyak-banyaknya masukan agar rencana program tahun anggaran 2014 dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Budiono.SE, unsur FKPD diantaranya Kapolres AKBP. L. Eric Bhismo, SIK, SH, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. Tri Saktiyono, Ketua Pengadilan Negeri Stabat Ahmad Yasin SH, MH, anggota DPRD Langkat Drs. A. Samin Sihotang , Sekdakab Langkat Drs. H. Surya Djahisa MSi, Ketua TP-PKK Hj. Ny. Nuraida Ngogesa, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan sejumlah undangan lainnya.(Awaluddin / Langkat)


Posting Komentar

Top