0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT- Perpustakaan SMA Negeri 1 Medan meraih juara 1 pada Lomba Perpustakaan SLTA tingkat Sumatera Utara Tahun 2013 yang digelar Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sumut.

Demikian disampaikan, Kepala Sekolah SMA Negeri I Medan Drs.H.Ahmad Siregar.MM didampingi wakil kepala sekolah Drs.H.Sabar, M.Si dan Wakil Bidang Sarana Hj.Ismiadi.S.Pdi dan Staf Humas Drs.Buang Agus.S kepada Analisa, Kamis (28/11).

Ahmad Siregar menyambut gembira atas prestasi yang diraih oleh Perpustakaan SMA Negeri sebagai perpustaan SLTA terbaik Sumatera Utara Tahun 2013.

Menurutnya, peranan perpustakaan di dalam pendidikan amatlah penting, yakni untuk membantu terselenggaranya pendidikan dengan baik. Sedangkan sasaran dan tujuan perpustakaan sekolah untuk memperkaya, mendukung, memberikan kekuatan dan mengupayakan penerapan program pendidikan yang memenuhi setiap kebutuhan siswa,disamping itu mendorong agar setiap siswa mengoptimalkan potensi mereka sebagai pelajar.

Perpustakaan sekolah dikatakan bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolahIndikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi murid-murid, tetapi lebih jauh lagi.

Antara lain murid-murid mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, murid-murid terbiasa belajar mandiri, murid-murid terlatih kearah tanggung jawab, murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,katanya.

Dia menegaskan, memberdayakan perpustakaan di sekolah sesuai dengan semangat dan tuntutan kurikulum 2013. Tuntutan tersebut meliputi lima pengalaman belajar pokok yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mangasosiasi dan mengkomunikasikan.

Menurut Ahmad Siregar, untuk menambah wawasan mengembangkan perpustakaan sekolah, penanggung jawab perpustakaan SMA Negeri I Medan Fatiman Sembiring.S.Pd mendapat kesempatan mengikuti studi banding ke Sumatera Barat bersama dengan BPAD Sumut.

Studi banding bertujuan untuk meningkatkan peran serta perpustakaan dan pustakawan yang ada di Sumatera Utara agar terus meningkatkan peran sertanya dalam mengembangkan minat baca di tengah masyarakat,katanya.(NRD)

Posting Komentar

Top