0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Mengantisipasi berjangkitnya wabah demam berdarah dengue (DBD) di Kelurahan Belawan 2 Kecamatan Medan Belawan, pihak Puskesmas bersama warga melakukan pengasapan (foging) dan gotong royong bersama di kelurahan yang sebelumnya dinyatakan positif DBD.

Kepala Puskesmas Belawan, dr Adi Raja Grando Lubis Minggu (30/11/2014) menyatakan, kegiatan membersihkan lingkungan dan fogging dilakukan sebagai langkah pencegahan wabah DBD. Menurutnya, pengasapan sifatnya hanya mengantisipasi berkembangnya wabah aedes agepty di lokasi-lokasi yang menjadi sarang nyamuk.

 Pengasapan dilakukan sebagai langkah pemberantasan sarang nyamuk, agar jentik nyamuk tidak berkembang biak," terangnya.

Untuk memberantas penyakit DBD, Adi mengingatkan, hendaknya masyarakat harus proaktif berperilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan seperti menguras bak mandi, membersihkan parit  dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air yang membuat berkembangbiaknya nyamuk.


"Selain foging dan membersihkan lingkungan. Kita juga memberikan serbuk Abate kepada warga, bertujuan untuk membasmi telur-telur nyamuk," ungkap, Adi.

 
Sementara itu, Lurah Belawan 2, Sutrisno mengatakan, fogging yang dilakukan menyusul ada seorang yang positif DBD dan menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Belawan. Untuk itu lanjutnya, kegiatan gotong royong guna menjaga kebersihan lingkungan ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

"Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu upaya dalam mencegah DBD. Untuk itu, kegiatan gotong royong bersama warga ini akan terus dilakukan kedepannya," pungkas, Sutrisno.(Nur\Mdn)

Posting Komentar

Top