0
RANATAU PRAPAT | GLOBAL SUMUT- Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H Hasban Ritonga bersafari Ramadan bersama ratusan warga Padang Matinggi kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu, Sabtu (27/6) di kediaman salah seorang Tokoh Masyarakat Rantau Prapat di Jalan Cemara Kelurahan Padang Matinggi.

Sekdaprovsu yang bersama rombongan Safari Ramadan Pemprvsu terdiri dari Asisten III Zulkarnain, Asisten IV Fitrius, Kadispenda Rajali, Kadishub Antoni Siahaan, Ka BKP Suyono, Kadis Peternakan Permohonan Lubis, Kadis Kehutanan Halen Purba, Kadis Pendidikan Masri, Ka Balitbang Alwin Sitorus, Staf Ahli Gubsu Ferlin H Nanggolan, Ka Bapemnas Amran Uteh dan Karo Perekonomian Bondaharo Siregar, juga diterima oleh Sekda Labuhan Batu Ali Usman Harahap serta unsur muspida juga alim ulama dan ormas islam seperti Muhammadiyah, Alwasliyah juga NU.

Hasban yang sejatinya warga Rantau Prapat ini mengaku merasa bahagia bisa melaksanakan safari ramadan di kampung halamannya. Tak hanya itu sebelum menjadi Sekdaprovsu, Hasban telah terlebih dahulu menjadi Sekda Kabupaten Labuhan Batu.

"Alhamdulillah saya bisa berada ditengah-tengah keluarga di Rantau Prapat semoga kita senantiasa mendapatkan kesehatan dan juga menjalankan ibadah khususnya di bulan Ramadan, amin,"tuturnya.

Pada kesempatan itu Hasban membacakan sambutan Gubernur Sumatera Utara, yang menyampaikan Kunjungan Tim Safari Ramadan Pemprovsu merupakan upaya untuk membangun komunikasi yang harmonis antara pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat.

"Dengan komunikasi tersebut akan timbul kelancaran dan kesuksesan tugas pemerintah sebagai regulator dan eksekutor dalam melaksanakan pembangunan di seluruh Sumatera Utara," tuturnya. Menurutnya dengan komunikasi lancar, maka jelas berbagai kebijakan dan pembangunan akan sampai ke masyarakat sehingga akan melahirkan hasil yang maksimal.

Sesuai dengn visi Pemprovsu 2013-2018 yaitu menjadikan provinsi yang berdaya saing menuju Sumatera Utara yang sejahtera, maka perlu adanya kesamaan persepsi dan tekat dari masyarakat terhadap tantangan yang akan dihadapi. Untuk itu seluruh komponen masyarakat harus sama-sama mengerahkan potensi yang dimiliki.

Berdasarkan data BPS Sumut, pertumbuhan ekonomi Sumut, ekonominya masih di atas rata-rata capaian nasional. Di mana pertumbuhan ekonomi Sumut sebesar 5,23 persen, tahun 2014 dengan produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) tahun 2014 sebesar Rp 523,77 Triliun.

Dengan ekonomi Sumut tahun 2015 diprediksikan (optimis) tumbuh mencapai 5,44 persen dan pada tahun 2016 diharapkan mencapai 5,69 persen

Sedangkan indeks pembangunan manusia diproyeksikan mencapai. 76,58 tahun 2015 dan sebesar 77,05 pada 2016. Target-target ini diasumsikan tinggi "Tapi yakinlah, jika kita kerja keras dan bersungguh-sungguh maka insya Allah target tersebut akan tercapai," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Sekdakab Labuhan Batu Ali Usman Harahap mewakili Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar bertekat untuk mensukseskan Visi Pemprovsu.

Sementara tokoh masyarakat Labuhan Batu H Aziz Ritonga yang di dampingi putranya dr Erik Estrada Ritonga mengaku bangga karena kediamannya dijadikan tempat berbuka puasa juga Safari Ramadan. "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Safari Ramadan dan Pemkab Labuhan Batu yang memilih kediamannya untuk berbuka puasa,"katanya.

 Sedangkan dalam tausiah ustad H Abdul Halid Hasan Hasibuan mengajak kita untuk berpegangan /kembali kepada Al-Quran dan Al Hadits. "Karena siapa pun pemimpin bila tak berpegangan pada Al Quran dan Al Hadits kita tak bisa menjadi pimpinan yang amanah,"ujarnya.

Menurutnya sebagai ulama sangat mendukung program pemkab, yang selama ini sangat memperhatikan masyarakat Labuhan Batu.

Usai melaksanakan berbuka puasa rombongan Tim Safari Ramadan bersama unsur pemkab Labuhan Batu serta masyarakat dan ulama juga ormas islam melaksanakan sholat Isya dilanjutkan tarawih berjamaan di mesjid Uswatun Hasanah yang tak jauh dari kediaman H Aziz Ritonga.

Usai solat tarawih Tim Safari Ramadan memberi tali asih kepada anak yatim juga alim ulama. Tak hanya itu sumbangan untuk pembangunan Mesjid Uswatun Hasanah kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu.

Sumber Humas Pemprovsu

Posting Komentar

Top