0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyerahkan surat keputusan (SK) penunjukan Pelaksana Harian (Plh) kepada tiga Kepala Kaerah yang telah berakhir masa periodesasi Agustus 2015. Tiga daerah itu yakni, Kota Sibolga, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Prosesi penyerahan dilakukan Tengku Erry Nuradi diruang kerjanya, lantai 9, kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Jumat (28/8/2015) siang.

Dalam kesempatan tersebut, HT Erry Nuradi menyerahkan SK kepada Sekda yang menjadi Plh diantaranya Sekda Kota Sibolga Drs M Sugeng MM, Sekda Kabupaten Humbang Hasundutan Saul Situmorang, SE MSi dan Sekda Kabpaten Pakpak Bharat Drs Holler Simao, MM. Dia menegaskan kepada para Plh Bupati/walikota untuk tidak terlibat dukung mendukung salah satu pasangan calon bupati/walikota di daerah masing-masing.

Para pelaksana harian Bupati/Walikota dijunjuk untuk mengisi kekosongan kepemimpinan sebelum ditetapkan Pelaksana Tugas (Plt) oleh Menteri Dalam Negeri berdasar usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Sebelum penyerahan SK, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menekankan bahwa penunjukan SK Plh itu karena memang periodesasi kepala daerah sebelumnya sudah beralhir. Namun karena belum ada penetapan Penjabat (Pj) Kepala Daerah, maka ditunjuk terlebih dulu Plh untuk menjalankan roda organisasi kepemerintahan.

“Untuk menghindari kekosongan pimpinan penyelenggaraan pemerintahan daerah Sibolga, Humbang Hasundutan dan Pakpak Bharat diminta kepada Sekda masing-masing daerah melaksanakan tugas sehari-hari sampai dengan adanya kebijakan pemerintah lebih lanjut, karena roda pemerintahan tidak bisa berhenti semenitpun," sebut Erry.

Erry juga mengingatkan, dengan pengangkatan Sekda masing-masing daerah sebagai pelaksana harian, maka tidak ada alasan kedua daerah itu melalaikan tugas dan tanggungjawabnya. Karena, dalam melaksanakan tugas dan wewenang, Plh hanya menjalankan tugas-tugas rutin. Sedangkan, hal-hal yang bersifat strategis harus dikoordinasikan kepada Pemprov Sumut.

“Bila ada hal-hal yang masih memerlukan saran dari pemerintah pusat, Pemprovsu akan berkoordinasi kepada Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dirjen Otda,” sujar Erry.

Tidak lupa Erry mengingatkan, pelaksana harian harus merangkul semua komponen, baik pemerintahan, masyarakat dan terutama dari legislatif agar jalannya roda pemerintahan di dapat berjalan baik.

“Rangkul semua komponen dan jaga kekompakan demi kekondusifan daerah. Termasuk bagaimana tetap menjaga netralitas PNS dalam Pilkada,” pesan Erry.

Sementara itu, Plh Bupati Pakpak Bharat Drs Holler Sinamo MM mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai pelaksanaan harian Bupati Pakpak Bharat dan mengaku siap menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan semaksimal mungkin sesuai dengan aturan yang ada.

Terima kasih kepada bapak Plt Gubernur yang telah mempercayakan Sekda sebagai pelaksana harian Bupati Pakpak Bharat. Sebagai Plh saya akan melaksanakan tugas yang diamanahkan sesuai dengan aturan yang ada,” ucap Holler.

Holler menjamin bahwa PNS di jajaran pemerintahan Kabupaten Pakpak Bharat bersifat Netral.

“Menurut pantauan saya bahwa PNS di jajaran Pemkab Pakpak Bharat sudah terjamin, tidak ada yang condong kepada salah satu pasangan calon,” tambah Holler.

Kementerian Dalam Negeri telah menunjuk sepuluh Pelaksana Harian (Plh) bupati/ walikota yang habis periode di Sumut. Setelah sebelumnya SK Plh diserahkan kepada Sekda Kota Medan, Sekda Kabupaten Serdang Bedagai, Sekda Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sekda Kota Binjai, Sekda Kabupaten Labuhan Batu dan Sekda Kabupaten Asahan.

Seperti diketahui 23 kabupaten dan kota di Sumut  akan melaksanakan Pilkada langsung serentak pada 9 Desember mendatang. Di mana 14 kab/kota berakhir di 2015, dan 9 daerah lain berakhir di semester pertama 2016 mendatang.Hingga akhir tahun ini ada tiga kabupaten lagi yang akan habis masa periodesasinya untuk kemudian dihunjuk Pelaksana Tugas. (red)

Posting Komentar

Top