0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyumbangkan 123 ekor sapi pada Hari Raya Kurban 1436 Hijriyah 2015. Dua ekor diantaranya merupakan sapi raksasa dengan bobot masing-masing 500 kilogram dari sumbangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan 6 ekor sapi dari sumbangan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi.

Penyerahan sapi raksana dari Predisen Jokowi diserahkan secara simbolik oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kepada Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Juradi disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut Hasban Ritonga, Kepala Biro Binsos selaku Ketua Panitia Kurban H M Yusuf dan Sekretaris Sudarto Purba di pelataran parkir Kantor Gubernur Sumut Jl Diponegoro Medan, Kamis (24/9/2015).

Panitia Pelaksana Kurban Pemprov Sumut pertama kali menyembelih sapi sumbangan Presiden Jokowi, kemudian seekor sapi sumbangan Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Sekda Hasban Ritonga kemudian 18 sapi lainnya. Sedangkan seratusan sapi lain disembelih ditempat terpisah sumbangan dari SKPD dan pegawai, sejumlah BUMD Sumut diantaranya Bank SUmut, PDAM Tirtanadi, PT Perkebunan Sumut dan lain sebagainya.

Seekor sapi sumbangan Presiden Jokowi diserahkan kepada panitia kurban Masjid Raya Karo untuk pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung. Sedangkan 5 ekor sapi sumbangan Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi diserahkan kepada panitia kurban Mesjid Raya Tanah Karo, Mesjid Raya Dairi, Mesji Azizi Langkat, Mesjid Jamik Kampung Nelayan Belawan, Mesjid Jamik di Pantai Cermin. Kurban keluarga pribadi Tengku Erry Nuradi sendiri disembelih di Mesid Daarul Azhar Jadid jalan Bajak II, Kompleks Villa Gading Mas I, Kecamatan Medan Amplas.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi menyatakan, ibadah kurban memiliki tiga makna utama bagi umat Islam yang digelar pada Idul Adha. Makna pertama adalah mendekatkan diri kepada Allah, kedua adalah mengajarkan saling berbagi kepada sesama dan ketiga menguji keikhlasan sekaligus menjauhkan diri dari sifat tamak.

“Dalam berkurban, ada sepetiga bagian untuk kita yang berkurban. Tetapi hakikatnya, lebih banyak diberikan kepada kaum yang lebih membutuhkan,” sebut Erry.

Erry juga berpesan kepada seluruh jajaran Pemprov Sumut untuk meningkatkan ibadah kurban di tahun mendatang.

“Jumlah hewan kurban tahun depan kita harapkan lebih banyak lagi. Dengan demikian, akan bertambah pula masyarakat yang memperoleh manfaatnya,” harap Erry.

Sementara Sekda Sumut Hasban Ritongan mengatakan, kurban Pemprov Sumut mengalami peningkatan tahun ini dibanding tahun sebelumnya, meski perekonomian masyarakat tidak begitu baik tahun ini.

“Alhamdulillah, tahun ini ada 123 ekor sapi ditambah 2 ekor kambing. Tahun lalu tercatat 98 sapi. Ada peningkatan signifikan dari tahun lalu. Moga tahun depan lebih banyak lagi,” ujar Hasban. (red)

Posting Komentar

Top