0
NGOGESA MINTA PENGUSAHA UNTUK LEBIH BERBAGI
Sukseskan Program Perumahan Layak Huni
Stabat,Global Sumut.com -Para pengusaha yang melakukan kegiatan usahanya di bumi Langkat diharapkan lebih meningkatkan nilai sosial melalui Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya dalam memberikan bantuan rumah layak huni bagi keluarga miskin di Kabupaten Langkat.
 
Saya yakin pengusaha yang beraktifitas di Langkat tidak akan tinggal diam,” himbau Ngogesa pada malam silaturrahmi para pengusaha se-Kabupaten Langkat dengan Pemkab berlangsung di salah satu hotel Medan, Jum’at (4/5).
 
Ngogesa mengakui kegiatan pengusaha di Langkat baik bidang perkebunan, perikanan maupun galian C telah turut meningkatkan jalannya roda perekonomian masyarakat. Selain kepatuhan dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), ia juga berharap para pengusaha berkenan menyisihkan sebahagiaan keuntungan perusahaannya untuk membantu pembangunan bagi 11.106 keluarga miskin.
 
Melalui program Kemenpera, Pemkab Langkat juga telah menyiapkan dana Rp. 1 Miliar bagi seribu rumah miskin di tahun 2012 yakni Rp.1 juta/rumah ditambah bantuan Kemenpera Rp. 6 juta/rumah. Nilai tersebut masih dirasa kurang untuk membenahi rumah layak huni, sehingga dibutuhkan tambahan dana yang diharapkan dari para pengusaha.
 
Menyinggung target PBB TA. 2012, Bupati Langkat menyatakan bahwa tahun ini sebesar Rp. 48,3 Miliar lebih dari sektor perkebunan, dan diharapkan kepedulian para pengusaha sebagaiman yang telah berlangsung sebelumnya.
 
Ketua DPRD Langkat Rudi Hartono Bangun memberikan sugesti kepada para pengusaha untuk selain memenuhi kewajiban membayar PBB juga hendaknya tetap memperhatikan keberadaan masyarakat lokal, karena masyarakat yang baik akan berdampak kepada hasil usaha yang baik pula.
 
Dani Tarigan mewakili pengusaha yang hadir menyambut baik prakarsa yang dilakukan Pemkab Langkat. ”Tentu kami berkewajiban membantu pemerintah daerah karena kami membutuhkan kebersamaan masyarakat Langkat, ujar Dani salah seorang pejabat yang bertugas di PTPN. II.
 
Sementara itu, Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kemenpera RI Djamil Anshari yang sengaja di undang, memaparkan bahwa tanggung jawab terhadap penyediaan rumah layak huni bagi keluarga miskin merupakan kesempatan mulia bagi mereka yang berkemampuan. ”Kami hanya memotivasi dengan dana stimulan, dan berharap direspon baik oleh segenap perangkat pemerintah daerah termasuk para pengusaha,” ujarnya.
 
Kabupaten Langkat menurut Djamil telah sukses mensukseskan program instansinya di tahun 2011 dengan pembangunan 700 unit rumah, sehingga tahun 2012 pihaknya menggelontorkan dana bagi seribu rumah di Langkat dan tahun 2013 diharapkan Langkat bebas dari rumah tidak layak huni. ”Tentu komitmen ini juga didukung dana sharing APBD melalui persetujuan legislatif,” imbuhnya lagi menyatakan karena dana yang tersedia tidaklah mencukupi.
 
Pemaparan program perumahan di Langkat, sebelumnya disampaikan Sekda Surya Djahisa. Selain dihadiri para pengusaha juga seluruh Kepala SKPD dan KUPTD Pajak Kecamatan dalam kaitan pembekalan tugas untuk pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diharapkan berjalan secara sinergi dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh.(Agung)
 

Posting Komentar

Top