0
KESEJAHTERAAN GURU MAMPU TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

STABAT  | GLOBAL SUMUT - Peningkatan kesejahteraan guru mampu meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun belum signifikan tetapi masih terdapat ruang yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari aspek peran guru.

Hal tersebut disampaikan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH ketika membacakan sambutan tertulis Mendikbud Mohammad Nuh saat bertindak selaku Pembina upacara pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke XVII dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke LXVII di Alun-alun T. Amir Hamzah, Senin (26/11).

Dijelaskan, paling tidak ada 4 aspek yang masih bisa ditingkatkan yaitu kompetensi guru dalam pemahaman substansi bahan ajar, pedagogi, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial, ke-empat aspek ini akan mendapatkan perhatian khusus dalam rencana implementasi kurikulum 2013.

Oleh karenanya sangat tepat tema yang diangkat pada peringatan HGN tahun 2012 yakni “Memacu profesionalisasi guru melalui peningkatan kompetensi dan penegakkan kode etik”, segala upaya meningkatkan profesionalitas guru telah dilakukan seperti uji kompetensi awal (UKA), uji kompetensi guru (UKG), peningkatan kompetensi berkelanjutan (PKB), pengukuran kinerja guru dan peningkatan kualitas lembaga penyelenggara pendidikan keguruan (LPTK).

Pada bagian lain dikatakan guru juga harus menjunjung tinggi kode etik dan prinsip profesionalitas sesuai dengan amanat undang-undang, diminta agar kode etik yang telah disusun dapat benar-benar di implementasikan karena sudah menjadi penentu kelayakan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Iwan Suhadi, S.Pd guru SD asal Kecamatan Wampu, bertindak sebagai perwira upacara Jumiran, S.Pd Ketua PGRI Langkat serta diisi dengan pembacaan UUD 45 oleh M. Robby Rezeky, M.Pd KUPT Dikjar Kecamatan Tanjung Pura, Ikrar Guru oleh Jarot Setiawan, S.Pd dan diiringi oleh paduan suara PGRI Kabupaten Langkat.

Usai upacara Bupati Ngogesa didampingi Kapolres Langkat AKBP L. Erick Bhismo, SIK Kajari Stabat Dr. H. Asep Nana Mulyana, SH, M.Hum, Wabup Budiono, SE, Plt. Kadis Dikjar dr. Indera Salahuddin, M.Kes,MM, Ketua PGRI Langkat Jumiran, S.Pd memberikan penghargaan kepada sejumlah guru dan pemenang lomba diantaranya pemberian bingkisan kepada Guru Purna Bhakti, guru yang bertugas di daerah terpencil dan para Guru, Kepala Sekolah serta Pengawas Sekolah berprestasi.

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang kejuaraan diantaranya gerak jalan beregu, bola volley putra-putri, tennis meja tunggal putra-putri, perlombaan paduan suara, trup gembira dan Olimpiade Siswa. (Awal / Langkat).

Posting Komentar

Top