0
BELAWAN  | GLOBAL SUMUT -Tahun ini tingkat pelayanan terhadap pengguna jasa di Pelabuhan Belawan semakin baik. Hal ini setidaknya dapat dilihat dari semakin cepatnya pelayanan yang diberikan personel Pelindo I Cabang Belawan kepada pengguna jasa yang melakukan aktivitasnya di Pelabuhan terkemuka di luar Pulau Jawa itu.
Adapun jenis pelayanan yang bertambah cepat tersebut adalah waktu tunggu kapal (waiting time) yakni sejak permohonan sandar kapal diajukan hingga bertambat di dermaga, berthing time (waktu kapal di dermaga) dan turn round time (waktu kapal di pelabuhan).
Selain itu, produktivitas bongkar muat curah cair seperti komoditas minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan bongkar muat curah kering juga ikut terdongkrak pasca membaiknya kinerja pelayanan di Pelabuhan Belawan.
Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan M Azmi Jauhari kepada MedanBisnis akhir pekan lalu mengatakan, tahun ini sejumlah item pelayanan di Pelabuhan Belawan sudah bertambah baik.
Waktu tunggu kapal misalnya, kata Azmi, yang didampingi stafnya Rica Agnas Girsang, selama triwulan I-2013 tercatat 2,73 jam atau 2 jam 43,8 menit per kapal. Waktu ini jauh lebih cepat dibandingkan periode serupa 2014 yang lamanya hanya 1,70 jam atau 1 jam 48 menit per kapal.
Kemudian lama kapal di dermaga (berthing time) juga bertambah cepat. Jika selama triwulan I-2013 berthing time kapal di Pelabuhan Belawan selama 86,74 jam per kapal atau 3 hari 14 jam 44,4 menit, pada periode serupa 2014 bertambah cepat menjadi 73,78 jam atau 3 hari 1 jam 46,8 menit per kapal
Semakin baiknya kinerja pelayanan di Pelabuhan Belawan ternyata turut mendongkrak produktivitas bongkar muat di pelabuhan terkemuka di luar Pulau Jawa itu. Ini bisa dilihat dari produktivitas bongkar muat komoditas curah cair yang menggunakan pipa terpadu serta komoditas curah kering seperti bungkil yang menggunakan alat bongkar muat conveyor.
Hingga triwulan I-2014 papar Azmi, produktivitas bongkar muat komoditas curah cair di Pelabuhan Belawan sebanyak 152,25 ton per pipa per jam. Jumlah ini naik sekitar 8,2% dibandingkan periode serupa 2013 yang jumlahnya 140,62 ton per pipa per jam.
Sementara produktivitas bongkar muat curah kering yang menggunakan conveyor selama triwulan I-2014 mencapai 183,98 ton per conveyor per jam. Jumlah ini meningkat hingga 8,68 % dibandingkan periode serupa 2013 yang berjumlah 169,28 ton per conveyor per jam.
Menurut juru bicara pengelola Pelabuhan Belawan itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk menjawab harapan pengguna jasa terutama menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015(red).

Posting Komentar

Top