0
MEDAN | GLOBAL SUMUT- Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menghadiri malam pisah sambut Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dari pejabat lama Bambang Setyo Wahyudi SH. MH, kepada pejabat baru M.Yusni SH.MH. Acara berlangsung di Hotel Emerald Garden Medan, Rabu malam (4/6/2014).

Dalam acara yang penuh kekeluargaan itu, Gatot dalam "sekapur sirihnya" mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan terimakasih kepada Bambang Setyo Wahyudi yang selama menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Menurut Gatot, selama menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Bambang Setyo Wahyudi telah banyak memberikan kontibusi untuk untuk provinsi.

Gatot mencontohkan, salah satu peran Bambang Setyo adalah memberikan ide cemerlang terkait pembebasan lahan pembangunan jalan arteri non tol menuju Bandara Kuala Namu International Airport, yang terletak di Kabupaten Deliserdang. "Kami harap kenangan manis selama bertugas di Sumut dapat dibawa ke daerah tempat tugas yang baru. Kalau ada yang tidak mengenakkan harap ditinggalkan disini sebagai kenangan dan sebagai penambah pengalaman di tempat baru nantinya," katanya.

Gatot juga menyampaikan harapan,  Bambang dapat menjadi duta Sumatera Utara di tempat yang baru nanti untuk  untuk percepatan pembangunan di Sumatera Utara. Misalnya terkait rencana rektorat IAIN Sumut yang berkeinginan merubah menjadi universitas yang sampai saat ini belum terwujudkan meski syarat-syarat administrasi dan sarana yang ada saat ini dinilai sudah cukup terpenuhi.

Terkait dengan hal itu, pihaknya juga berencana akan melakukan road show ke berbagai pihak di Jakarta baik Depatemen Pendidikan maupun Departemen Agama untuk mengkampanyekan rencana perubahan IAIN menjadi universitas."Kami juga titip kepada pak Bambang bisa menyuarakan ini di Jakarta nantinya. Barangkali dengan bantuannya rencana perubahan itu bisa terwujud, karena ini juga terkait dengan pembangunan sumber daya manusia yang lebih baik nantinya," katanya.

Sementara itu, kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang baru M.Yusni SH.MH, Gubsu berharap dapat melanjutkan berbagai terobosan yang telah dilakukan pejabat sebelumnya, terutama memberikan ide membangun Sumatera Utara yang lebih baik lagi kedepannya.  Gubsu menuturkan,  M.Yusni sebagai putra kelahiran Sumatera Utara 54 tahun silam, tepatnya di Labuhan Deli, Deliserdang, tentunya sudah tidak asing dengan daerah itu. Dengan begitu, ia dapat menjadi modal dalam bekerja sebagai Kepala Kejasaan Tinggi Sumatera Utara.

"Kami sangat mengharapkan sumbang saran dari bapak Yusni nantinya. Kehadirannya di Sumut membawa banyak kemajuan di provinsi ini. Medan adakah tanah dan negeri bertuah. Biasanya siapapun yang pernah tugas disini, maka nantinya akan sukses jika bekerja di daerah lainnya maupun di pusat, ujarnya.

Menanggapi harapan Gubsu itu, Bambang Setyo Wahyudi mengatakan, lebih setahun menjabat sebagai Kepala kejaksaan Tinggi di Sumatera Utara banyak kenangan manis yang didapat.   Sebagai orang nomor satu di institusi hokum Sumatera Utara, mempunyai suka-duka tentunya tidak dapat terlupakan. Hal itu dianggap sebagai kenangan manis selamannya, terutama dalam proses pelaksanaan yang berkaitan dengan penegakan hukum.

Bambang berharap penggantinya nanti dapat bekerja lebih baik lagi dan dapat menyatu dengan seluruh elemen masyarakat di Sumatera Utara, khususnya pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai mitra kerja.  "Kami sadar masih banyak kerja-kerja yang belum tuntas dan masih banyak kekurangan. Kami harap nantinya dapat dilanjutkan oleh Bapak Yusni sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang baru. Kami harap sinergitas yang selama ini sudah terbangu dengan berbagai pihak dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan," katanya.

M.Yusni sendiri sebagai Kepala kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang baru, mengaku siap meneruskan berbagai terobosan yang telah dilakukan Bambang dan siap bekerjasama dengan berbagai pihak di daerah itu.   Sesuai dengan pesan Jaksa Agung saat pelatikan dirinya,  disebutkan Kejaksaan Tinggi masuk dalam Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Gakkumdu Pemilu). Sebagaimana diketahui, Gakumdu merupakan forum bersama yang terdiri dari Badan Pengawas Pemilu, Kepolisian dan Kejaksaan yang mengani pelanggaran pidana pemilu.

Karena itu, sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara harus menjamin tahapan Pemilu Presiden dapat berjalan dengan baik. "Agar tahapan pemulu nanti dapat berjalan dengan baik, tentunya kami harapkan kerjasama dengan semua pihak," katanya. M Yusni sendiri dilantik Kejaksaan Agung sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara pada 28 Mei lalu, di Jakarta.

Acara malam pengantar tugas Kejatisu dihadiri tamu dan undangan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumatera Utara seperti Pangkosek Hanudnas III Medan, Wakapolda Sumut, Waka Pengadilan Tinggi Sumut, mewakili Pangdam I/BB, mewakili Danlantamal I/Belawan. Dari jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara selain Gubsu, hadir Wagubsu Ir Tengku Erry Nuradi Msi, seluruh pimpinan SKPD Provsu, serta beberapa kepala daerah termasuk Plt Walikota Medan.

Dalam kesempatan itu Gubsu didampingi Wagubsu menyematkan ulos kepada Kejatisu yang baru sebagai bentuk ucapan selamat datang di Provinsi Sumut. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian cendramata kepada Kejatisu yang lama dan bersalaman mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru. Tak hanya Gubsu dan Wagubsu, seluruh undangan yang hadir juga ikut menyalami untuk mengucapkan selamat.
(GS-01)

 

Posting Komentar

Top