0
MARELAN | GLOBALSUMUT-Walikota Medan Dzulmi Eldin buka puasa bersama dengan ratusan warga di Masjid Jamiatul Khairiyah, Jalan Marelan VII, Lingkungan V, Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (11/7/2014).

Buka puasa yang merupakan rangkaian dari kegiatan Safari Ramadhan ini dilakukan dalam rangka membangun jembatan hati sehingga terciptanya rasa kebersamaan antara pemerintah, ulama dan masyarakat.

Untuk itulah mantan Sekda Kota Medan ini menjadikan Safari Ramadhan sebagai agenda rutin Pemko Medan setiap tahunnya.

“Kita ingin mendekatkan diri dengan masyarakat dalam rangka membangun kebersamaan. Dengan adanya kebersamaan, kita dapat membangun Kota Medan, termasuk dalam rangka membangun Kecamatan Medan Marelan yang sama-sama kita cintai ini,” kata Eldin.

Guna membangun kebersamaan itu, Walikota pun menjadikan Safari Ramadhan ini sebagai momen untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat.

Dia menyadari banyak masalah maupun keluhan yang selama ini dialami masyarakat, baik itu di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun yang lainnya masih kurang memuaskan masyarakat.

“Jadi melalui Safari Ramadhan ini, semua masalah maupun keluhan tersebut dapat kita diskusikan dan musyawarahkan untuk selanjutnya diambil solusinya. Untuk itu dalam setiap melaksanakan Safari Ramadhan, saya selalu membawa sejumlah pimpinan SKPD. Dengan demikian para pimpinan SKPD ini bisa langsung menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” ungkapnya.

Eldin selanjutnya berharap bulan suci Ramadhan ini dapat dijadikan momen untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, terutama warga Kecamatan Medan Marelan dalam mendukung program pembangunan.

Dukungan itu dapat dilakukan dalam bentuk mensukseskan program -program pembangunan yang sedang dijalankan seperti menjaga kebersihan, memenuhi kewajiban membayar pajak maupun pembangunan prasarana dan sarana lingkungan secara partisipatif.

“Banyak makna yang terkandung dalam bulan yang suci ini. Untuk itulah mari kita jadikan Ramadhan ini sebagai momen untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi kita dalam membangun kota. Itu bisa dilakukan  dengan turut mensuskseskan program -program pembangunan yang sedang dijalankan, “ harapnya.

Safari Ramadhan juga diisi dengan pemberian bantuan sebesar Rp40 juta untuk pembangunan Masjid Jamiatul Khairiyah. Walikota berharap bantuan itu dapat membantu pihak panitia untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Jamiatul Khairiyah. Selain itu Walikota juga memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim piatu.

Sebelum buka puasa bersama, KH Amiruddin MS memberikan tausiah singkat yang berisikan ajakan untuk mendukung seluruh program pembangunan di Kota Medan. Salah satu bentuk dukungan yang bisa dilakukan dengan membantu jiran maupun tetangga yang kurang mampu.

Selain itu dia mengingatkan agar umat Islam harus terus bersatu. Tak lupa dia mengajak untuk membantu dan mendoakan warga Palestina yang menjadi korban serangan tentara Israel.

Camat Medan Marelan Dedi Jaminsyah Putra Harahap mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Walikota untuk pembangunan Masjid Jamiatul Khairiyah. Dengan bantuan itu diharapkan dapat membantu mempercepat pembangunan masjid sehingga dapat digunakan untuk melaksanakan shalat berjamaah sekaligus tempat pembinaan umat.

Selain itu Dedi pun mengungkapkan, seluruh jajarannya tak henti-hentinya terus mengajak seluruh warga Kecamatan Medan Marelan untuk meningkatkan partisipasi dalam mendukung seluruh program pembangunan yang tengah dijalankan Pemko Medan. Dia sadar tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, sulit mewujudkan Kota Medan menjadi kota metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera. (GS-01)

Posting Komentar

Top