0
TELUK MENGKUDU | GLOBAL SUMUT-Dalam rangka mewujudkan Desa Sejahtera di Kabupaten Serdang Bedagai menyusul keluarnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemkab Sergai melalui Badan Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat Desa (BPMPD) menggelar Sosialisasi Peningkatan Kemampuan Masyarakat Sebagai Pelaku Utama Pembangunan yang Aspiratif Untuk Mewujudkan Desa Madiri dan Sejahtera, Selasa (19/5/2015) di Lapangan Sepakbola Socfindo Kebun Matapao Desa Matapao Dusun II Kecamatan Teluk Mengkudu.

Hadir pada kegiatan, Assisten II Administrasi Umum, Rapotan Siregar, Ketua PKK Sergai, Nyonya Marliah Soekirman, Ketua Dharma Wanita Pembangunan Sergai, Nyonya Imas Haris Fadillah, Kepala BPMPD H. Karno, SH. M.AP, Kepala Inspektorat Gustian, Kadis Kehutanan dan Perkebunan, Aliudin S.Sos, Kadis Pertanian, Ir. Safaruddin, Ketua Himasdat Sergai, Syahril Matondang, Muspika Teluk Mengkudu, Camat Misran SE, Syamsunik, S.Pd, Kapolsek Teluk Mengkudu, B. Panjaitan, Danramil 09, Kapus Sialang Buah, H.T Putra, para Kades se-Kecamatan Teluk Mengkudu, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Agama.

Kepala BPMPD Sergai, H. Karno SH, M.AP selaku panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan kegiatan dilakukan berdasarkan UU No. 36 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di Provinsi Sumatera Utara, UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014.

Kegiatan diikuti oleh 500 peserta dengan tujuan sosialisai tersebut adalah sebagai pedoman kelembagaan yang aspiratif menuju desa mandiri dan sejahtera dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. ujar H. Karno.

Sementara itu Bupati Sergai dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten II Administrasi Umum, Rapotan Siregar menjelaskan momentum pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai diharapkan dapat saling bekerjasama dengan segala pihak dan segala unsur masyarakat sehingga dapat menghasilkan suatu kerjasama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman dalam pidatonya, Pelaksanaan kegiatan ini diharapakan dapat mendorong partisipasi masyrakat program -program dalam pembangunan dengan semangat jiwa  kebersamaan dan aspiratif agar tercipta Good Goverment yaitu  Pemerintahan yang baik, perlu diketahui bahwa dengan melakukan  kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dan masyarakat akan lebih mendorong proses pembangunan ditingkat Desa dan Kecamatan.  Hal ini sejalan dengan instruksi Bupati Sergai No.4 Tahun 2005 Gerakan Pembangunan Swadaya Masyarakat yaitu suatu gerakan pembangunan untuk mewujudkan tercapainya semangat membangun yang tinggi dengan menumbuhkan prakarsa serta menggerakan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan prasarana dan sarana yang dibutuhkan masyarakat.  Perlu disampaikan hasil swadaya masyarakat melalui Gerbang Swara di Kabupaten Sergai dari tahun 2006 - 2014 mencapai 77 Miliar lebih. Dilihat dari dana swadaya masyarakat yang ada, setiap tahunnya terus meningkat dikarenakan masyarakat Sergai sangat perhatian dan peduli terhadap pembangunan.

Adapun swadaya masyarakat yang telah tersentuh di Kabupaten Sergai secara secara berkesinambungan dapat berupa fisik dan non fisik, hibah tanah, bantuan CSR, Perusahaan Perkebunan dan Perbankan. Program ini sangat membantu kemajuan perkembangan Kabupaten ini sehingga, sangat diharapkan kepada pihak-pihak perkebunan dan perusahaan untuk saling bantu membantu untuk meningkatkan perkembangan dan kemajuan di Kabupaten Serdang Bedagai.

Secara pribadi, Saya merasa bangga atas peran aktif masyarakat dan pihak  pihak lain yang ikut mendukung demi pembangunan Kabupaten Serdang Bedagai. Saya yakin dan percaya dengan semangat kebersamaan kerjasama dan partisipasi beban seberat apapun dan rintangan setinggi apapun dengan kekuatan dan keikhlasan dapat teratasi dengan mudah, untuk itulah pada kesempatan ini saya mengharapkan kepada kita semua baik Dinas, Instansi Pemerintah, Badan Dinas, Lembaga Swadaya hendaknya dapat meningkatkan kepedulian terhadap penanggulangan kemiskinan, agar jumlah penduduk miskin di Kabupaten Serdang Bedagai dapat berkurang, pungkas Bupati.

Usai menyampaikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan angkong beserta sapu lidi, kepada masing-masing Kepala Desa se-Kecamatan Teluk Mengkudu.(umm|gs)

Posting Komentar

Top