0
SERGAI | GLOBAL SUMUT- Pj. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Alwin, M.Si menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H yang digelar oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Mesjid Agung Jami’ Kecamatan Sei Rampah, Kamis (4/2).

Dalam acara tersebut terlihat Hadir  Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPHI Sumut H. Ahmad Husein, Ketua PD. IPHI Sergai Drs. H. M. Irfan Elfuadi Lubis, Ketua MUI H. Luckman Yahya, Kakan Kemenag, Kepala SKPD, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto SH, para Haji dan Hajjah serta Calon Haji se-Sergai dan undangan lainnya.

Mengawali sambutannya Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin mengemukakan bahwa Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini terasa begitu spesial karena diadakan oleh IPHI Kabupaten Sergai, yaitu masyarakat yang telah diberikan rahmat yang luar biasa oleh Allah SWT karena telah diberi kesempatan dan kemampuan untuk datang memenuhi panggilan Allah ke Tanah Suci, kata H. Alwin.

Dalam hal ini juga IPHI seyogiyanya dapat menghimbau jamaah haji yang telah melaksanakan haji lebih dari sekali dan mempunyai kemampuan ekonomi yang baik untuk bisa memberi kesempatan bagi saudara-saudara kita yang belum berkesempatan untuk melaksanakan ibadah haji dengan menunda niat untuk kembali melaksanakan haji dan mengalihkan rencana biaya untuk dikelola oleh IPHI menjadi gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat, ujar Pj. Bupati Sergai.

Jika dilakukan dengan manajemen yang baik alumni Haji yang tergabung dalam IPHI dapat mendorong perbaikan ekonomi masyarakat melalui gerakan pemberdayaan ekonomi. Memperbaiki perekonomian dan melepaskan ummat dari belenggu permasalahan ekonomi adalah cita-cita mulia yang patut diperjuangkan dengan baik.

Melalui pemberdayaan mental dan ekonomi IPHI telah dan akan terus mengambil bagian dalam upaya memelihara dan melestarikan nilai-nilai kemabruran haji. Disamping itu juga dapat berkontribusi demi kesejahteraan dan kemaslahatan ummat dan bangsa, serta berperan aktif dalam upaya membangun peradaban ummat manusia. Dengan demikian maka Haji sebagai maqom yang terhormat, dan ibadah Haji yang dilaksanakan oleh seseorang akan relevan, bermakna dan bermanfaat dalam seumur hidupnya baik bagi dirinya maupun orang lain, pungkas H. Alwin.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PW. IPHI Sumut H. Ahmad Husein mengatakan setiap kegiatan yang diprogramkan harus diketahui dan dikoordinir oleh IPHI Pusat. Oleh karenanya selalu ada penilaian di berbagai bidang yang dapat dijadikan manifestasi agar terciptanya motto “Haji Mabrur Selamanya”

H. Ahmad Husein mengutarakan hidup yang baik itu adalah hidup yang bermanfaat, oleh karenanya IPHI harus bisa bekerjasama dengan pihak lain untuk mengkondusifkan membantu mengawasi produk makanan yang akan dikonsumsi masyarakat, salah satunya adalah mengenai kehallan makanan yang beredar dijual dipasaran.

Sementara Al-Ustadz Khairuddin, S.PdI dalam tausiyahnya bahwa menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur adalah dengan membersihkan hati, oleh karenanya kita harus bisa menjaga hati. Ada beberapa hal dapat yang merusak hati yakni menunda untuk taubat, tidak mengamalkan ilmu yang didapat, tidak pernah ikhlas, tidak pernah bersyukur dengan yang apa yang telah dimiliki dan tidak pernah menghargai sesuatu apapun. (Putra Nursaid)

Posting Komentar

Top