0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Bupati Ir. H. Soekirman menerima rombongan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP-USU) yang akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (28/7) bertempat di Aula Dinas Pendidikan di Sei Rampah.
Turut hadir pada acara tersebut Dekan FP-USU DR. Ir. Hasanuddin MS didampingi Ketua Program Studi (Prodi) Agribisnis DR. Ir. Salmiah MS, Pembina PKL Ir. Yusak Maryunianta, M.Si, MM, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kadis Perikanan dan Kelautan Ir. H. M. Ramlan Matondang, M.Sc, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Muhammad Aliuddin SP, Perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan dan para Kepala Desa.

Mengawali sambutannya. Bupati Sergai  Ir. H. Soekirman menyampaikan apresiasi dan menyambut positif serta mengucapkan terimakasih kepada FP-USU karena telah menjadikan Kabupaten Sergai menjadi objek kegiatan PKL para mahasiswanya. Tidak salah pilih kegiatan PKL dilaksanakan di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini karena Sergai memiliki potensi-potensi pertanian dan perkebunan yang unggul seperti halnya kecambah kelapa sawit unggul yang diekspor sampai Tanzania dan beberapa negara Amerika Latin lainnya adalah berasal dari Sergai.

 Bupati Soekirman menambahkan ada beberapa entry point yang harus diingat dan dilaksanakan para mahasiswa ditempatnya melaksanakan KKN tersebut. Entry point yang pertama, bahwa status sebagai mahasiswa adalah modal untuk memasuki suatu wilayah dan daerah. Maka pergunakan modal tersebut dengan sebaik-baiknya dan jangan dicederai dengan tindakan yang tidak terpuji. Peduli dengan masyarakat jadi salah satu modal yang baik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut.

Selanjutnya yang kedua, adalah selalu menghargai dan menghormati orang tua tempat tinggal dan ciptakan suasana kekeluargaan yang baik. Jaga perilaku dan selalu berempati dengan masyarakat agar nyaman tinggal dan mengabdi di desa tempat melaksanakan PKL tersebut. Banyak hal yang perlu dipelajari dari daerah ini dan agar nantinya ditulis secara sistematis guna pengembangan ilmu pengetahuan, terangnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengajak seluruh mahasiswa agar saling melengkapi dan bersinergi serta bangun kebersamaan dengan para Kepala Desa dan masyarakat ditempat melaksanakan PKL guna mengembangkan potensi daerah Sergai untuk menciptakan daerah yang maju dan sejahtera. “Mari menjadi "gila" dalam arti gila karena memiliki kecintaan dan kerinduan kepada desa yang pernah menjadi tempat PKL dan nantinya kembali untuk membangun desa tersebut karena kecintaannya”, pungkas Bupati. 

Sebelumnya Dekan FP-USU DR. Ir. Hasanuddin MS menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari pelaksanaan MoU USU dengan Pemkab Sergai. PKL ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi permasalahan masyarakat berbasis ilmu dan metode yang telah didapatkan dari perkuliahan serta memberikan pemagangan bagi mahasiswa agar dapat belajar mencari solusi bersama masyarakat dalam menyelesaikan persoalan didalam kehidupan masyarakat.

Pelaksanaan PKL ini diikuti oleh 156 mahasiswa dengan masa waktu 1 (satu) bulan dan akan ditempatkan tersebar di 32 desa se-Sergai yang mewakili potensi desa pesisir dan kelautan, tanaman pangan dan perkebunan, serta peternakan. Harapannya kegiatan PKL ini bukan hanya memberikan manfaat kepada program studi/ fakultas/kampus saja, akan tetapi juga memberikan kontribusi bagi proses pembangunan yang ada di Sergai, imbuh Hasanuddin.(putranursaid)

Posting Komentar

Top