0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Untuk pertama kalinya, Pelindo 1 menggelar lomba foto “PortograPI”di media sosial instagram melalui akun @Pelindo1 yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pada penyelenggaraan tahun ini, Pelindo 1 mengusung tema “Ramadhan PortograPI” dimana para peserta dapat mengirimkan foto-foto tentang aktifitas umat Muslim selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Tema tersebut dipilih karena bertepatan dengan momen Ramadhan dan diharapkan banyak sisi kreativitas tentang kegiatan selama Ramadhan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat terdokumentasikan,” ungkap Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1 Rabu (27/7/2016).

Antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti Lomba foto PortograPI yang berlangsung sejak tanggal 17 Juni sd 10 Juli  2016 ini. “Ada sekitar 2.417 foto yang diterima oleh Pelindo 1 dari seluruh daerah di Indonesia, dan dari seluruh foto tersebut dipilih 20 foto terbaik untuk selanjutnya ditentukan pemenangnya,” jelas Fiona lebih lanjut.

Juri dari kompetisi foto ini adalah Ferdi Siregar (Redaktur Foto Harian Analisa), Irsan Mulyadi (Fotografer Antara) dan M. Eriansyah (Corporate Secretary Pelindo 1).

Kualitas yang cukup bersaing dari para peserta menjadi salah satu faktor proses penjurian yang berjalan agak alot.  Proses penjurian didasarkan pada beberapa kriteria yang telah ditentukan, seperti ide/gagasan, kesesuaian tema, keunikan foto, sudut pandang, teknik pemotretan, dan komposisi.

Dari hasil diskusi dewan juri, terpilih sebagai pemenang pertama yakni  dengan pemilik  akun instagram bernama @yohan_roy_gratia dari Medan, diikuti @sofyanephoto dari Jakarta dan @jepreteralami dari Dumai, dan juara favorit @qoqosereal, dimana masing-masing pemenang medapatkan hadiah sebesar Rp.5 juta, Rp.3 juta, Rp. 2 juta dan Rp.1 juta untuk juara favorit, serta tidak ketinggalan puluhan merchandise menarik untuk para peserta yang karya fotonya masuk nominasi.

“Agak sulit menentukan juara, semua foto bagus-bagus. Tetapi memang ada nilai plus dari juara pertama hingga ketiga sehingga kami menetapkan mereka sebagai pemenang,” ungkap Eriansyah yang menjadi juri internal dari Pelindo 1 seusai penentuan pemenang.

Rencananya, kegiatan lomba foto PortograPI ini akan menjadi program rutin Pelindo 1, dengan mengangkat berbagai tema-tema yang tidak hanya tentang dunia kepelabuhanan saja, tetapi juga tema-tema yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas, seperti kebudayaan, pendidikan, dan sebagainya. (abu)

Posting Komentar

Top