0
MARELAN  | GLOBAL SUMUT-Di Medan Provinsi Sumatera Utara penerimaan murid baru tingkat SMP/SMA Negeri jadi ajang proyek dan perkaya diri. Selain penerimaan siswa baru di bandrol Rp. 5-10 juta/calon siswa, pengadaan seragam sekolah juga jadi ajang proyek, layaknya seperti lintah darat. Seperti di SMA Negeri 16 Medan Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan, harga  seragam sekolah mencekik leher. Senin(18/7/2016). 

Seragam putih abu-abu, pramuka, dan baju batik dibandrol Rp. 570 ribu dan baju olahraga Rp. 175 ribu. Selain itu murid baru wajib bayar uang komite Juli-Agustus Rp. 150 ribu dan uang Insidental Rp. 400 ribu. Orangtua murid wajib rogoh saku Rp. 1.295.000 untuk melanjutkan pendidikan anaknya di SMA Negeri 16 Medan (tidak termasuk uang buku dan uang gono gini-red), parahnya panitia penerimaan murid baru takut-takuti orangtua siswa yang tidak melunasi biaya yang dibebankan, Sementara siswa yang ditampung di sekolah itu mencapai 400-an.

“Gak usah didengar ocehan bapak itu bu, kalau anak kita dihukum gara-gara tak beli seragam di sekolah kita laporkan gurunya ke Menteri Pendidikan. Anak saya dulu sekolah di sini (SMA N 16 Medan-red), Seragam sekolah yang dibeli pada panitia 4-5 bulan baru diserahkan, kita terpaksa beli seragam sekolah lain di luar. Sudah bahan kainnya tidak bagus mahalnya minta ampun”. oceh orangtua murid di hadapan puluhan orangtua murid lainnya di halaman sekolah SMA Negeri 16 Medan. Senin (18/7/2016).

Terpisah, sebelumnya oknum nakal bergentayangan di lingkungan SMA N 16 Medan. Oknum nakal itu tampak sibuk melihat nilai SKHU calon siswa. Bagi yang nilainya rendah, oknum nakal itu tawarkan jasa dan pastikan calon siswa lolos di SMA Negeri 16 Medan dengan syarat bayar pelicin Rp. 5 juta. “Saya bisa bantu ibu untuk loloskan anak ibu di SMA Negeri 16 Medan ini, ibu cukup kasi saya Rp. 5 juta, anak ibu pasti lolos”. Kata oknum seperti yang ditirukan orangtua murid.

Kepala SMA Negeri 16 Medan yang akrab dipanggil bunda SRI ketika dikonfirmasi tidak ada diruangannya.  (bu).

Post a Comment

Top