0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 , M. Hamied Wijaya  diundang untuk menjadi Keynote Speaker pada acara Great People Development Program (GPDP) PT Telkom Indonesia, yang bertempat di Telkom Learning Area Sumatera,  Jumat, 23 September 2016.  M. Hamied Wijaya diundang menjadi keynote speaker dengan tema “Managing People and Change” karena dinilai telah berhasil menjalankan program transformasi di bidang organisasi dan SDM di Pelindo 1.

Hamied mengungkapkan transformasi yang telah dan sedang dilakukan oleh manajemen Pelindo 1 sudah membawa banyak perubahan, khususnya di bidang SDM. “Implikasinya, tidak hanya kinerja keuangan perusahaan yang meningkat, tetapi produktivitas pegawai dan indeks kepuasan pegawai juga mengalami peningkatan,” jelas Hamied.

Dalam paparannya, Hamied menjelaskan bahwa dalam proses transformasi ada tiga hal yang harus dilakukan, yang pertama  melakukan pekerjaan dengan lebih baik, tepat, cepat dan efisien, kedua fokus pada bisnis model dan ketiga mengubah strategi bisnis perusahaan. “Untuk menjamin keberhasilan proses transformasi ini, dibutuhkan leader/SDM yang memiliki karakter kepemimpinan yang mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai pemberdaya, perintis, penyelaras dan panutan,” jelas Hamied.

Beberapa transformasi pengelolaan SDM di Pelindo 1 telah dilakukan yaitu seperti adanya automatisasi proses administrasi SDM, pengelolaan SDM berbasis kinerja dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan penguatan kedisiplinan pegawai, internalisasi dan implementasi nilai-nilai budaya perusahaan yang membawa perbaikan pada proses bisnis layanan, dan pembentukan change agent di masing-masing unit kerja.

“Transformasi organisasi dan pengelolaan SDM di Pelindo 1 telah dimulai sejak tahun 2014 dan telah memberikan dampak positif secara langsung pada peningkatan produktivitas pegawai dan juga peningkatan pada indeks kepuasan pegawai, menjadi 3,63 di tahun 2015 (skala 5) dibanding tahun 2014 sebesar 3,4,” tambah Hamied.

Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia menambahkan bahwa program tranformasi Pelindo 1 ini akan terus dilakukan secara konsisten. “Pelindo 1 akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja di semua aspek perusahaan,” jelas Rafika. (abu)

Post a Comment

Top