0
TEBING TINGGI  | GLOBAL SUMUT-Kesetiakawanan sosial merupakan harta yang tak ternilai dan telah ada sejak zaman nenek moyang jauh sebelum Indonesia merdeka.

Oleh karenanya, momentum peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) menjadi momentum untuk sama-sama bekerja keras dalam memperkuat dan menumbuh kembangkan, merevitalisasi dan memberdayakan nilai-nilai Kesetiakawanan sosial dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sesuai dengan tema HKSN tahun 2016 ini yakni kerja nyata, menuju Indonesia sejahtera. Saya yakin kita mampu mengatasi permasalahan sosial dan akan berupaya mewujudkannya jika dilandasi nilai-nilain kesetiakawanan sosial dari seluruh elemen masyarakat,” ujar Gubsu Erry Nuradi saat peringatan HKSN Tingkat Provsu di Lapangan Merdeka, Kota Tebing Tinggi, Rabu (28/13/2016).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Provsu Hasban Ritonga, Direktur Umum BPJS Noval Makfud, FKPD Provsu, FKPD Kita Tebing Tinggi, Ketua PMI Sumut, Pj Walikota Tebing Tinggi OK Zulkarnain, Ketua FKUB Sumut, para Bupati dan Walikota atau yang mewakilinya.

Selanjutnya, Gubsu menyebutkan, permasalahan sosial tentunya tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Oleh karenanya, Gubsu mengingatkan, agar seluruh elemen masyarakat turut memberi perhatian, peluang dan kesempatan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial sebagaimana diamanahkan UU No 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, agar penyandang masalah kesejahteraan sosial dapat hidup layak dan manusiawi sebagai anak bangsa.

“Kegiatan seperti ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk memotivasi dan menjembatani sekaligus menggerakan partisipasi masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan sosial di daerah maupun dilingkungan masing-masing untuk mewujudkan masyarakat yang sejahteta dan paten,” ujar Erry.

Berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HKSN yang dilaksanakan secara gabungan dengan Pemko Tebingtinggi dan elemen masyarakat lainnya berupa bakti sosial, bantuan stimulan kepada kelompok usaha bersama warga tidak mampu, pemberian alat bantu kepada penyandang disabilitas dan kegiatan lainnya merupakan wujud keperdulian dan semangat dari kesetiakawanan sosial.

“Ini membuktikan semangat kesetiakawan sosial masih tumbuh subur dihati kita. Mari kita pupuk dan semaikan dalam kehidupan bermasyarakat,” tandas Erry.

Sementara itu, Kadis Sosial Provsu Rajali pada puncak peringatan HKSN dilakukan serangkaian kegiatan diantaranya penyerahan piagam penghargaan dan trophy Gubsu serta uang pembinaan kepada pemenang teladan satu, dua dan tiga penilaian pekerja sosial masyarakat (PSM), Karang Taruna teladan tingkat Provsu, bantuan stimulus usaha bersama warga tidak mampu, bantuan relawan sosial, bantuan siswa tidak mampu dan penyandang disabilitas seperti kursi roda dan tongkat. (rs/red/gbs)

Posting Komentar

Top