MEDAN | GLOBAL SUMUT-Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paul Waterpaw pimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat Personel Polda Sumut di dilapangan KS.Tubun Mapolda, Kamis (27/07/2017) sekira pukul 07.30 Wib.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolres Sibolga AKBP Benny Reinhard Hutajulu, SIK, dan seluruh personel jajaran Polda Sumut.

Dalam amanat Kapolda Sumut saat memimpin upacara PTDH Personel Polda Sumut, mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel Polda Sumut yang selama ini telah menjalankan tugas dengan baik, penuh disiplin, dedikasi dan loyalitas.

"Hari ini dilaksanakan upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap 17 Bintara personel Polda Sumut dan jajaran (diwakili oleh 4 personel) dengan pelanggaran kasus seperti narkoba sebanyak 5 orang, Disersi 11 orang, pencurian 1 orang."Ucap Kapolda Sumut.

Keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) ini, sambung Kapolda menyebutkan tentunya tidak diambil dalam waktu singkat tetapi sudah melalui proses persidangan sesuai prosedur yang berlaku demi kepentingan dan kebaikan organisasi maka Keputusan PTDH diambil.

"Sebagai manusia biasa, saya merasa berat untuk mengambil keputusan ini. Karena menjalankan tugas-tugas pimpinan diantaranya mengimplementasikan program Promoter Kapolri nomor 1 “ Pemantapan Reformasi Internal Polri“ dengan menegakkan aturan-aturan kode etik dan profesi Polri dalam rangka mewujudkan kedisiplinan dan soliditas internal yang baik, sebagaimana strategi kebijakan saya nomor 2 “ Perbaikan Kultur “ dan point ke 10 “ Tindak tegas anggota yang terlibat peredaran / bandar narkotika “. Pada personel yang di PTDH semoga saudara dapat menerima Keputusan ini dengan lapang dada, walaupun saudara tidak lagi menjadi anggota Polri, saya berharap sebagai warga Negara yang pernah dididik menjadi anggota Polri agar tetap memiliki hubungan emosional dengan Polisi dan menjadi mitra Polri dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat."jelas Kapolda Sumut.

Selain itu, Kapolda Sumut mendoakan agar para personel yang telah lepas seragam, dapat menjalani kehidupan yang lebih baik sehingga menjadi orang yang lebih sukses dalam keluarga maupun ditengah masyarakat.

"Kepada seluruh personel Polda Sumut dan jajaran mari kita ambil hikmah dan pelajaran dari Upacara PTDH ini, laksanakan tugas dengan baik dan bertanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku. Kita sadari saat ini Publik Trust terhadap Polri masih rendah dengan banyaknya complain terhadap kinerja Polri dimana masih banyaknya anggota yang melakukan pelanggaran dan pada kesempatan ini kembali saya ingatkan Commander Wish saya yaitu “ Bekerja dengan hati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat Sumatera Utara melalui peningkatan kinerja, pembenahan kultur dan peningkatan kemampuan mengelola media, agar terwujudnya Polri yang promoter “. Kata Kapolda.

Sebagai anggota Polri, Kapolda Berharap, seluruh personel jajaran Polda Sumut harus menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat. Sebagaimana program Quick Wins Polri point 6 yaitu “ Polri sebagai penegak revolusi mental dan pelopor tertib sosial diruang publik”.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, kedepan pembinaan mental anggota harus lebih ditingkatkan lagi begitu juga dengan reward and funishment harus betul-betul diterapkan secara profesional."harapnya kembali
Ada 4 hal penekanan Kapolda Sumut kepada seluruh personel Polda Sumut. Berikut ke-4 hal yang di tekankan Kapolda Sumut untuk seluruh Personel, yakni :

1.    Tingkatkan iman dan taqwa sebagai landasan spiritual dalam bertugas.
2.    Pahami dan pedomani kebijakan pimpinan dalam pelaksanaan tugas.
3.    Tingkatkan pembinaan anggota dan terapkan reward and fusnishmen terhadap anggota secara seimbang.
4.    Laksanakan tugas dengan tulus , ikhlas dan jadilah cahaya yang menerangi masyarakat.

Adapun nama-nama personel yang di PTDH adalah :

1.    Brigadir Darussani Lubis (Anggota Yanma Polda Sumut).

2.    Brigadir Rudianto (Anggota Yanma Polda Sumut).

3.    Briptu Cico Valangi Monti, ( Anggota Satbrimob).

4.    Brigadir Boston P.Panjaitan (Anggota Sat Brimob).

5.    Bripka Juanda Sihombing (Anggota Polres P.Belawan).

6.    Aiptu Mangatas Alexander Simamora (Anggota Polres Binjai).

7.    Bripka Agus Salam (Anggota Polres Sergai).

8.    Bruptu Desi Natalia Br Simatupang (Anggota Polres Sergai).

9.    Aiptu Ribut Wahyudianto (Anggota Polres Tg.Balai).

10.    Bripda Zimson Sitorus (Anggota Polres Tg.Balai).

11.    Briptu Muhammad Dedi Wahyudi Siahaan (Anggota Polres B.Bara).

12.    Brigadir Baginda Ali Ramli (Anggota Polres B.Bara).

13.    Bripka Syaiful (Anggota Polres Humbahas).

14.    Bripka Taufik Hardiansyah (Anggota Polres Madina).

15.    Brigadir Mahdali (Anggota Polres Pak-pak Bharat).

16.    Bripda Faisal Raja Gukguk (Anggota Polres Samosir).

17.    Bripda Sofian Fiqi (Anggota Polres Sibolga).[rs]