0
T.BALAI | GLOBAL SUMUT-Personil Sat Polair polres Tanjung Balai berhasil mengamankan 1 buah kapal KM Rizki GT 6 No 604/pHb/s7 yang memuat bawang kurang lebih 11 ton yang dibawa dari Malaysia menuju Tanjungbalai. Kapal tersebut diamankan di wilayah Kuala sungai pasir Kab. Asahan pada hari Minggu (23/7)

Kronologis kejadian berawal dari Pada saat Personil Sat Polair polres Tanjung Balai melaksanakan patroli dengan menggunakan kapal patroli KP 1023 dan mencurigai adanya kapal jaring ikan yang sedang bergerak. Setelah dilakukan pengejaran oleh kapal sat polair, kapal tersebut berusaha melarikan diri menjauhi kapal patroli petugas.

Pada saat kapal petugas mendekat ke kapal jaring tersebut, ternyata nakhoda kapal berhasil loncat dan berusaha melarikan diri Namun dengan kesigapan petugas, kapal beserta ABK kapal dan barang bukti bawang ilegal dapat diamankan oleh petugas.

Adapun Identitas ABK kapal yang diamankan Musdar (23 tahun), alamat jln keluarga lingk. 1 kel keramat kubah kec Sei tualang raso kota Tanjung balai dan Jamaluddin (43 tahun), alamat jln keluarga kel keramat kubah kec sei tualang raso kota Tanjung balai. Selain itu Personil Sat Polair Polres Tanjung Balai juga mengamankan 2 Orang massa yang mencoba menghalang-halangi proses penangkapan yaitu Elbi Gusti umur (23 tahun) dan Aidil Saputra (18 tahun).

Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setiadi Hartono SH SIK MH melalui Kasat Polair AKP Ario putranto, SIK, mengatakan Barang bukti yang diamankan berupa 1 buah kapal Pukat jaring KM Riski, 1 buah bendera Malaysia, 1 buah GPS merk garmin dan bawang merah merk blery dari Malaysia kurang lebih 11 ton. Namun untuk kepastiannya berapa ton yang diamanakan akan diketahui setelah barang bukti diserahkan kepada pihak bea cukai Belawan," kata Kasat Polair

Lanjutnya, Untuk Saat ini kapal, ABK dan barang bukti kapal ditarik dan diamankan ke Sat Polair Polres Tanjung Balai guna pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut." Imbuhnya.[rs]

Post a Comment

Top