0


MEDAN  | GLOBAL SUMUT-GM PT. Prima Peti Kemas J. Sihotang selaku pihak pelaksana reklamasi fase 2 Pelindo 1 nyatakan kalau Pelindo-1 siap berikan kopensasi kepada nelayan yang benar-benar terkena dampak reklamasi.

“Saya tidak bisa menjawab dan putuskan apa-apa yang berkembang dalam rapat dengar pendapat, namun saya akan menjawab sesuai dengan agenda hari ini. Sebenarnya nelayan itu tidak punya alur kecuali pelayaran. Perlu saya perjelas, Pelindo-1 siap berikan kopensasi kepada nelayan yang terkena dampak reklamasi”. Kata J. Sihotang di hadapan anggota Komisi-B DPRD Sumut dan peserta rapat. Selasa (20/3).

Pernyataan J. Sihotang itu disangkal utusan nelayan Alpian. “Kami tidak butuh, ini bukan soal kopensasi, tanpa Pelindo kami bisa makan”. Kata Alpian dengan nada tinggi.

Kedalaman alur baru yang digaung-gaungkan pihak reklamasi (fase 1 dan fase 2-red) 3,5 meter dinyatakan bohong. Hal itu terbukti banyaknya kapal-kapal nelayan yang kandas di daerah alur baru tersebut.

Selain itu, PT. Prima Peti Kemas buang sisa-sisa bangunan reklamasi sembarang tempat. Akibatnya sisa pembangunan reklamasi ancam nyawa nelayan. Reklamasi fase 1 dan fase 2 musibah jangka panjang bagi nelayan. “Pembangunan alur baru reklamasi membelah pantai, ini salah besar. Jangan karena cari untung besar lalu nasib kami nelayan dipuntung”. Kata Kadin pertegas pendapat nelayan.[rs/red]

Post a Comment

Top