0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Tiga BKM yang dilaporkan ke Polres Pelabuhan Belawan masing-masing BKM Bahtera Deli Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan, BKM Mapela Sejahtera Kelurahan Pekan Labuhan, dan BKM Caraka Peduli Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan siapkan pagar aman. BKM sekongkol dengan KSM untuk tutup mulut. Kamis (15/3).

Tokoh masyarakat Kelurahan Pekan Labuhan kecamatan Medan Labuhan NR alias Udin (56) kesal dengan ulah KSM yang tutupi kejahatan rugikan Negara. Menurut Udin harusnya masyarakat yang dilibatkan dalam pekerjaan pembangunan Kota Tanpa Kumuh (kotaku) harus berani nyatakan penyimpangan anggaran Negara tersebut.

“Kita sangat sesalkan KSM yang tutupi kenakalan BKM dalam pelaksanaan pembangunan Kotaku. Harapan Presiden RI Joko Widodo agar rakyat Indonesia yang berada di pelosok desa dapat merasakan sentuhan pembangunan yang layak sesuai dengan program pemerintah pusat dalam pembangunan nasional, namun masih saja dinodai oknum-oknum golongan masyarakat yang tamak dan serakah. Harapan kita ke depan, Lurah Camat dan Walikota Medan segera pakumkam BKM yang nakal dan pihak Polisi terus tindaklanjuti pengaduan masyarakat sampai tuntas dan KSM yang coba-coba lindungi kenakalan BKM harus ditindak tegas”. Kata Udin.

Pengaduan masyarakat terkait dugaan penyimpangan anggaran program Kotaku tahun 2017 diposisikan Kapolres Pelabuhan Belawan ke Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dimana pelapor dipanggil dan berikan penjelasan. Tim Tipikor Polres Pelabuhan Belawan harapkan kerjasama semua pihak termasuk KSM sebagai pelaksana pembangunan.

Informasi yang berkembang di lapangan, BKM Mapela Sejahtera Kelurahan Pekan Labuhan lakukan penyimpangan program Kotaku dengan modus potongan anggaran seperti pelaksanaan pembangunan di lingkungan 23 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan. Tidak tanggung-tanggung, dari 5 titip pekerjaan BKM Mapela Sejahtera potong anggaran program Kotaku 2017 sebesar Rp. 31 juta. Potongan dilakukan koordinator Herawati warga lingkungan 12 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, alasannya untuk proposal dan uang saku Kordinator Kota (Korkot).

Di lingkungan 19, 24, dan lingkungan 29 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan pemotongan anggaran juga dilakukan, sayangnya KSM yang juga merangkap sebagai Kepala lingkungan tutupi kenakalan BKM tersebut. Besar potongan anggaran disesuaikan dengan jenis pekerjaan, makin besar anggaran yang dibutuhkan makin besar pula potongan yang dilakukan. Nilai potongan anggaran program Kotaku tahun 2017 dari 4 KSM berkisar Rp. 90 sampai dengan 100 juta.

Terpisah, kemaren perwakilan masyarakat Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan Budi (36) cs yang gelar aksi unjukrasa di kantor Lurah Labuhan Deli dipanggil Camat Medan Marelan. Unjukrasa terkait penyimpangan anggaran yang dilakukan koordinator BKM Bahtera Deli Sudirman alias Ucok warga lingkungan 9 Kelurahan Labuhan Deli itu cari solusi agar tidak dilaporkan ke penegak hukum.

Sementara BKM Caraka Peduli Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan bersama jajaran KSM sepakat untuk tutup mulut. BKM dan KSM tersebut diyakini tersandung kasus korupsi dalam uji fisik yang nantinya dilakukan tim Tipikor Polres Pelabuhan Belawan. (mn/bu).

Post a Comment

Top