0
JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. memberikan penghargaan Pin Emas kepada Kasatbrimob Polda Jambi Kombes Pol Asep Saifuddin, S.I.K. atas prestasi yang diraih dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tahun 2018 yang diselenggarakan oleh KemenPAN-RB.

Penghargaan diserahkan dalam rangkaian upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Korps Brimob Polri, yang diselenggarakan pada Rabu, 14 November 2018, di Hanggar Pasukan Gegana, Markas Komando Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok.

Satbrimobda Polda Jambi berhasil menjadi Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 berkat inovasi berupa Patroli Edukasi pada Suku Anak Dalam di Rimba Merangin Jambi. 

Inovasi tersebut merupakan upaya Satbrimobda Polda Jambi untuk memelihara stabilitas kamtibmas di Kab. Merangin, Jambi, khususnya dalam pencegahan konflik horizontal antara warga Suku Anak Dalam dengan warga lainnya yang kerap menimbulkan korban jiwa.

Jauh berbeda dengan pendekatan kekerasan yang bersifat represif, inovasi yang dilaksanakan Satbrimob Polda Jambi justru mengoptimalkan pendekatan edukatif dan dialogis terhadap warga Suku Anak Dalam.

Dalam program tersebut, Satbrimob Polda Jambi membangun 2 rumah pintar, melaksanakan pengajaran baca tulis, memberikan pendidikan Bahasa Indonesia, dan memberikan sosialisasi hukum.

Melalui program tersebut, Satbrimob Polda Jambi juga berhasil melakukan pembinaan kepada 3 kelompok warga Suku Anak Dalam di desa Sialang, Pauh Menang, dan Pelakar Jaya.

Capaian program yang telah berjalan sejak Desember 2015 tersebut adalah berhasil dicegahnya berbagai potensi konflik sosial yang melibatkan warga Suku Anak Dalam dan warga setempat. 

Satbrimob Polda Jambi berhasil meredam konflik, serta menjadi mediator dalam berbagai perselisihan dan sengketa yang melibatkan warga Suku Anak Dalam dan warga setempat. Dengan demikian situasi kamtibmas tetap terpelihara dengan kondusif.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) diselenggarakan tiap tahun oleh KemenPAN-RB. Inovasi yang didaftarkan minimal telah diimplementasikan 1 tahun. Sinovik tahun 2018 diikuti oleh 2.824 inovasi pelayanan publik dari Kementerian, Lembaga, dan Pemda Provinsi/Kabupaten. 

Penilaian dalam kompetisi tersebut dilakukan secara independen dengan mengadopsi standar United Nationas Public Service Awards (UNPSA) dan dievaluasi oleh para guru besar dari Perguruan Tinggi terkemuka yang independen dan bebas dari campur tangan, termasuk campur tangan KemenPAN-RB selaku penyelenggara kompetisi. 

Penghargaan Top 40 diberikan kepada inovasi pelayanan publik yang dikategorikan outstanding (terpuji) oleh penilai. Penghargaan untuk inovasi Top 40 diberikan oleh Wapres Jusuf Kalla pada 7 November 2018 di Jakarta.[red]

Post a Comment

Top