0
LANGSA | GLOBAL SUMUT-Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid,MM bersama Gerakan Menanam Bersama (GeNaB) dan lintas komunitas Kota Langsa melakukan penanaman pohon Mangrove dan Pertut sebanyak 15 ribu pohon dikawasan lapangan Bandara Perintis Kuala Langsa, (22/12/19).

Pada kesempatan ini Marzuki Hamid menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2019.

"Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut seperti kita ketahui bahwa Mangrove ini sangat banyak manfaatnya baik untuk alam itu sendiri maupun untuk kehidupan kita," kata Marzuki Hamid.

Selanjutnya manfaat mangrove dan pohon sejenisnya dapat mengatasi abrasi dan Tsunami karena dia berdiri seperti benteng melindungi pemukiman di sisi pantai. "Jika terjadi Tsunami maupun ombak besar kita sudah ada pelindung hal ini telah terbukti kawasan perairan Langsa tidak terkenak dampak Tsunami beberapa tahun yang lalu," jelasnya.

Selain itu, mangrove bisa menghasilkan udara yang sejuk ditengah meningkatkan nya pemanasan global.Adapun manfaat lain untuk tumbuh dan berkembang habitat hewan serta tanaman mangrove juga dapat membuat suasana sekitar menjadi lebih indah.

"Telah kita buktikan kawasan hutan bakau atau manggrove yang terletak di Gampong Kuala Langsa berhasil menyabet juara 1 diajang Anugrah Pesona Indonesia (API) Award 2019 katagori Ekowisata Terpopuler," sebut Marzuki Hamid.

Dikatakannya lagi, untuk tahun 2020 malngrove Kuala Langsa akan diajukan sebagai program strategis wisata Nasional."Mudah-mudahan bisa masuk dalam program strategis pariwisata nasional bidang wisata Mangrove," jelasnya.(arman suharza)

Posting Komentar

Top